Dihadang Angin dan Gelombang, 3 Kapal Feri Lingga – Tanjungpinang dan Batam Berlindung di Penuba

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) -Tiga kapal penumpang jenis feri yang berangkat dari Dabo, dan Daik di Kabupaten Lingga, Kamis (3/1/2019) pagi, diminta berlindung di sekitar Pulau Penuba hingga sekitar pukul 09.00 WIB. Permintaan ini terkait angin kencang dan ketinggian gelombang sekitar 1,5 meter.

Ketiga kapal itu, adalah MV Super Jet yang berangkat dari Dabo tujuan Tanjungpinang, MV Marina dari Dabo tujuan Batam dan MV Lintas Kepri dari Daik tujuan Lingga.

Kapal-kapal itu baru diizinkan berlayar kembali sekitar pukul 09.00 WIB, setelah mendapat izin dari syahbandar.

“Betul (berlindung di Penuba). Menurut petugas Syahbandar Jagoh, gelombang memang tinggi. Jadi keberangkatan feri ditunda sampai gelombang agak teduh. Jadi, sekarang sudah teduh dan kapal sudah dapat diberangkatkan,” kata Thamrin, Plh Syahbandar Dabo menjawab suarasiber.com, Kamis (3/1/2019).

Baca Juga :

Berselimut Mantel, Personel Polri dan TNI Berjaga hingga Pagi

Warga Anambas, Waspadai Lokasi-lokasi Berikut Ini!

Gelombang Menggila, Warga Anambas Mengungsi Selamatkan Jiwa

Bandara RHF Berstatus Internasional, Yuk Berpikir Out of Box

Menurut informasi terakhir, ujar Thamrin, kapal Super Jet lebih dulu berangkat (setelah angin reda). Selanjutnya, kapal ke Batam dan kapal dari Daik ke Tanjungpinang MV Lintas Kepri.

Dikonfirmasi terpisah, Jamal, petugas syahbandar Pelabuhan Jagoh, membenarkan adanya penundaan keberangkatan. Karena kapal harus berlindung di Penuba, akibat adanya angin kencang dan ketinggian gelombang sekitar 1,5 meter.

Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Lingga, Yusrizal, mengatakan untuk ketinggian gelombang belum diperoleh informasi jelas. Namun, dia membenarkan kapal-kapal yang akan ke Tanjungpinang, dan Batam sempat ditunda keberangkatannya.

Konfirmasi dari tiga orang aparatur itu, sekaligus memastikan ketidakakuratan informasi yang disebarkan melalui akun Facebook, pagi tadi. Disebutkan, ada tiga kapal yang berlindung di Penuba karena tinggi gelombang hingga 8 meter. (mat)

Loading...