Sekda dan Pejabat Lingga Berguru Pelayanan Publik ke Jawa (1)

Loading...

BANYUWANGI (suarasiber) – Sungguh enak buah kuini, kuini dibeli di Tajur Biru, dari jauh kami datang ke sini, tiada lain untuk berguru.

Pantun tersebut menjadi jawaban Sekda Kabupaten Lingga HM Juramadi Esram sebagai jawaban atas pertanyaan Camat Licin, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, H Hartono MSi yang menanyakan apa gerangan maksud rombongan pejabat dari Lingga jauh-jauh berkunjung ke kantornya, belum lama ini.

Bahkan desain eksterior di Kantor Camat Licin pun tak dilewatkan oleh Sekda Lingga H Juramadi Esram. f-humas lingga

Ya, Sekda Lingga pada hari itu memang sengaja memboyong sejumlah pejabat di Pemkab Lingga, diantaranya Inspektur Daerah, Kepala BPKAD, para Kabid pada Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Plt Kepala Bagian Kominfo Humas, Camat Temiang Pesisir. Sekcam Bakong Serumpun, Kasi Pemerintahan Kecamatan Katang Bidare serta sejumlah staf.

Iringan kendaraan roda empat berisi para pejabat ini disambut langsung H Hartono. Kedatangan mereka untuk belajar dari dekat bagaimana Blue Fire Kecamatan Licin bisa mendunia.

Tak ada yang dilewatkan dalam kegiatan berguru ini. Semuanya berpencar. Ada yang melihat prosedur pelayanan administrasi kependudukan, ada pula yang langsung mengutak atik sistem pengurusan perizinan yang sudah menerapkan sistem online.

Plt Kabag Kominfo Humas Lingga, Buana F Februari lain lagi yang diperhatikan. Ia justru menikmati dan mencermati tata letak dan desain eksterior Kantor Camat Licin.

“Inspiratif sekali kantornya. Sejuk dan menciptakan suasana kerja nyaman. Pohon rindang memenuhi sudut-sudut di sekelil9ing kantor,” puji Buana.

Selama berada di kantor Camat Licin, rombongan banyak disuguhi informasi yang sangat bermanfaat dan menjadi bekal untuk penerapan di Lingga. Terutama untuk para camat di kecamatan baru hasil pemekaran.

Standar Pelayanan Publik di Kabupaten Banyuwangi sudah sangat tinggi dan merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Di Banyuwangi sudah dikenal dengan program Smart Kampung-nya, dimana semua jenis pelayanan sudah terintegrasi dalam satu sistem online dan mudah dikendalikan. (mat)

Loading...