Travelling ke Tanjungpinang, Jangan Lupa Tugu Bundaran Dompak

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebuah lokasi yang asyik buat selfie, wefie, atau sekadar menenangkan diri kini hadir di jantung pusat pemerintahan Provinsi Kepri, Dompak, Tanjungpinang. Cocok sebagai oleh-oleh yang instagramable, selain buah tangan khas Tanjungpinang lain tentunya.

Foto – nurali mahmudi/suarasiber

Tugu Bundaran Dompak, dengan lambang Pemprov Kepri berukuran besar. Jika beberapa bulan lalu bundaran ini gersang, selain logo yang menjulang itu, sekarang logo Pemprov Kepri dijaga oleh puluhan air mancur yang mengelilinginya.

Agar rerumputan yang baru ditanam tidak rusak, dibangun jalan-jalan setapak yang juga melingkar mengikuti bentuk bundaran. Penat jalan-jalan dan ingin melemaskan otot kaki, Bundaran Dompak dilengkapi bangku taman yang cukup luas. Di beberapa sudut berdiri gardu kecil khas warna Melayu, menyambut kedatangan warga dan traveller.

Air mancur yang melingkari tugu logo Pemprov Kepri ada dua lapis, paling depan pancarannya tak terlalu tinggi. Sementara yang bagian dalam airnya memancar, hingga jatuhnya ke kolam tingkat kedua yang tembok penahan airnya lebih tinggi dari tembok luar.

[irp posts=”12921″ name=”Guru Profesional Itu Sejatinya Mampu Merawat Jiwa Sosialnya”]

[irp posts=”12912″ name=”Inilah Mereka yang Diamankan Saat Penggerebekan Gelper di Batam”]

[irp posts=”12907″ name=”Begini Kronologi Terbongkarnya Judi Gelper di Batam”]

Tugu Bundaran Dompak ramai dikunjungi warga saat sore hari. Sepeda motor dan kendaraan roda empat diparkir di sekitar bundaran. Kendaraan tak bisa masuk ke taman bundaran, karena dipasang portal yang tak akan muat jika dilewati sepeda motor sekalipun. Warga memilih sore hari karena memang belum ada tumbuhan atau pepohonan besar di taman ini.

Hampir setiap sore selalu ada warga yang datang. Duduk-duduk di tepi air mancur, kebanyakan menjadikan tugu Pemprov Kepri sebagai latar untuk latar belakang berfoto.

Jika ingin menikmati ramainya pagi di tempat ini, pilihlah hari libur. Banyak warga yang usai berolah raga menyempatkan diri istirahat sejenak di bundaran ini.

Foto – nurali mahmudi/suarasiber

“Saya kira gak dilengkapi air mancur, sering sih lewat sini tetapi ya lewat saja. Sekarang kalau suntuk duduk-duduk di sini, ada air mancurnya, rasanya menenangkan,” ungkap Fikri, warga Batu 10 yang Sabtu (24/11/2018) sore membawa keluarganya menikmati suasana Tugu Bundaran Dompak.

Yang wajib diwaspadai di sini ialah lalu lintas yang cukup ramai saat sore atau pagi hari libur. “Parkir mobilnya sih aman, di sepanjang tepi jalan bisa. Pas jalan menuju ke bundaran itu lho yang harus waspada,” komentar Ais, mahasiswi sebuah perguruan tinggi swasta memberikan masukan. (mat)

Loading...