Rakernas Kopek Hasilkan Lima Pesan Lingga untuk Kejayaan Kelapa Indonesia

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Koalisi Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek) menyelenggarakan Rakernas di Dabo, Kabupaten Lingga, Kepri, Rabu (21/11/2018). Rakernas ini menghasilkan sejumlah hal, salah satu yang menonjol ialah Lima Pesan Lingga.

Lima Pesan Lingga ini dirumuskan dan disarikan dari berbagai pertemuan kelapa yang dilakukan atau diadakan Kopek selama ini. Pesan ini menurut peserta Rakernas penting untuk mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia di mata internasional.

Secara lengkap, isi Lima Pesan Lingga adalah:

1. Mendorong dengan segera pembenahan tata niaga kelapa nasional.
2. membanahi sektor hulu dengan target luas kebun kelapa 5 juta hektare.
3. Mengembangkan industri kelapa dengan model kerja sama regional.
4. Memiliki otoritas kelapa Indonesia yang mengurus hulu dan hilir kelapa.
5. Mendirikan Akademi Kelapa di beberapa kawasan penghasil kelapa.

Kopek sendiri merupakan mitra pemerintah pusat. Kopek pun bekerja sama dengan pemangku kepentingan kelapa lainnya dengan prinsip kesetaraan untuk secara bersama bekerja mendorong pengembangan ekonomi kerakyatan melalui komoditas kelapa.

[irp posts=”12755″ name=”Warga Serasan di Tanjungpinang Pawai Maulid Nabi”]

[irp posts=”12752″ name=”Lihat atau Alami Bencana Alam? Hubungi Segera 110 atau 081364116444″]

[irp posts=”12749″ name=”Satgas Pangan Daerah Polri Kini Diperluas Sampai ke Polres”]

Sejumlah kepala daerah anggota Kopek menandatangani Lima Pesan Lingga ini. Seperti dikirimkan kepada suarasiber oleh Kopek, mereka adalah Bupati Lingga Alias Wello, Bupati Gorontalo sebagai Ketua Kopek, Bupati Karangasem, Bupati Agam, Bupati Buol dan Bupati Tanjungjabung Timur.

Kegiatan yang dirangkaian dengan Festival Kelapa Indonesia ke-2 ini dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn.) Dr Moeldoko SIP dan sejumlah pejabat pusat. (mat)

Loading...