Anggota Polda Kepri Latihan Tangani Korban Bencana Alam

Loading...

BATAM (suarasiber) – Bencana alam yang sering mengagetkan karena tanpa diprediksi, tiba-tiba saja terjadi, mengharuskan manusia untuk selalu waspada. Polda Kepri bahkan menyelenggarakan pelatihan Psychological First Aid (PFA) bagi 35 personel Ditsabhara Polda Kepri.

Pelatihan ini dilaksanakan Rabu (28/11/2018) pukul 08.00 WIB di Gedung Serbaguna Polda Kepri, Batubesar, Batam.

Pejabat Polda Kepri yang terlibat dalam pelatihan ini ialah Kabag Psikologi Biro SDM, AKBP Abdul Hamid SPsi; Kasubbag Psipers Bag Psikologi, Penata I Fransiska Emilia M Pora MPsi; PS. Paurpsipol Bagpsi, Ipda Mardalis SH; Pamin 2 Subbagrenmin RoSDM, Ipda Agusnul Yaqin SPsi; Pamin 1 Subbagrenmin RoSDM, Ipda Jumadil SPsi; PS. Paurpsipol Bagpsi, Penda I Juliana Manik SSos; PS. Pamin 3 Subbagrenmin RoSDM, Bripka Nugroho Catur P SPsi; Bamin Bagpsi, Brigadir Rivan Fauzi.

[irp posts=”13015″ name=”Jika RUU Daerah Kepulauan Disahkan, Anggaran untuk Kepri Melimpah”]

[irp posts=”13012″ name=”Dan Kerisauan Ismeth Abdullah Pun Terbayar Lunas”]

[irp posts=”13009″ name=”Nasrun Putuskan Bunuh Supartini Ketimbang Ceraikan Istrinya”]

Kegiatan diawali dengan laporan Abdul Hamid seputar pelatihan dilanjutkan sambutan Karo SDM Polda Kepri Kombespol Djoko Susilo SIK SH sekaligus membuka pelatihan. Djoko berpesan agar peserta mengikuti pelatihan sungguh-sungguh karena banyak hal akan ditemui di lepangan tatkala berhadapan dengan korban bencana alam sesungguhnya.

Dari berbagai sumber, suarasiber.com mendapatkan definisi Psychological First Aid (PFA) dapat diartikan sebagai pertolongan pertama psikologi pada korban bencana alam. PFA merupakan bentuk penanganan psikologis yang dapat diberikan kepada korban bencana alam untuk membantu proses resiliensi. Resiliensi adalah kemampuan individu dan komunitas untuk kembali ke kondisi yang lebih baik setelah mengalami kondisi yang tidak menyenangkan atau traumatis. (mat)”PRESTASI DAN INOVASI”*

Loading...