5 Fakta tentang Festival Kelapa di Indonesia

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Festival Kelapa Indonesia ke-2 akan digelar 20 sampai 23 November 2018 di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri. Kegiatan serupa pernah dilaksanakan di Tembilahan, Riau, akhir September 2017 silam.

Di Kabupaten Lingga, semerak Festival Kelapa akan dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Seperti apa sebenarnya fakta seputar Festival Kelapa Indonesia? Berikut yang dirangkum suarasiber.com dari berbagai sumber.

1. Memperingati Hari Kelapa Sedunia

Penyelenggaraan Festival Kelapa tak lepas dari datangnya Hari Kelapa Sedunia setiap tanggal 2 September.

2. Memecahkan Rekor Baru

Selama kegiatan Festival Kelapa di Indonesia selalu diisi upaya pencatatan rekor. Saat Festival Kelapa Internasional di Tembilahan 2017 lalu, dipecahkan rekor dunia meminum air kelapa muda dengan peserta mencapai 10 ribu orang.

Rekor sebelumnya dipegang Provinsi Hainan, Tiongkok dengan 6 ribu peserta.

Pada Festival Kelapa Indonesa ke-2 di LIngga, 2- sampai 23 November mendatang juga ada pencatatan Rekor Muri untuk gambar Presiden Jokowi dari media sabut kepala berukuran 3,6 x 4,8 meter dan pembuatan sofa sepanjang 25 meter juga berbahan dasar sabut kelapa.

[irp posts=”12587″ name=”20 – 23 November 2018, Kelapa Banget di Kabupaten Lingga”]

[irp posts=”12583″ name=”Hari Korpri, Lantamal IV Bedah Tema Remaja dan Medsos Tanpa Batas”]

[irp posts=”12578″ name=”SMAN 4 Tanjungpinang Latih Siswanya Bermental Wirausaha”]

3. Kebangkitan Kelapa Indonesia

Festival Kelapa Indonesia diharapkan mampu memperkenalkan kabupaten penghasil kelapa ke masyarakat internasional. Mengembalikan kelesuan para petani kelapa sehingga kelapa Indonesia berjaya di kancah internasional.

4. Dihadiri Peserta Dalam dan Luar Negeri

Peserta Rakornas adalah ratusan bupati yang tergabung dalam Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek). Sementara seminar internasional menghadirkan para pakar kelapa serta undangan dari negara-negara penghasil kelapa.

5. Destinasi Wisata Dunia

Festival Kelapa Indonesia juga bisa membranding sebuah daerah agar dikenal potensi wisatanya. Sebagai contoh, kegiatan serupa yang digelar di Provinsi Hainan di Tiongkok berlanjut sehingga setiap tahun daerah ini mampu menarik minat 53 juta wisatawan untuk datang ke sini.

Hainan secara rutin menyelenggarakan Festival Kelapa Internasional sejak 1992. Dan kini menjadi rumah bagi 400 industri kelapa Tiongkok. (mat)

Loading...