20 – 23 November 2018, Kelapa Banget di Kabupaten Lingga

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Selama empat hari, yakni 20 sampai 23 November 2018, Kabupaten Lingga, Kepri menyelenggarakan kegiatan yang nuansanya kelapa banget. Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan membuka acara, sementara tokoh kelapa dari luar negeri menjadi pemakalah seminar tentang kelapa.

Tanggal 21 November, Presiden Jokowi membuka Festival Kepala Indonesia ke-2. Festival ini diadakan untuk merayakan 49 tahun Hari Kepala Sedunia. Direktur Eksekutif Asian and Pacific Coconut Community (APCC), Uron N Salum turut memberikan sambutannya di sini.

[irp posts=”12583″ name=”Hari Korpri, Lantamal IV Bedah Tema Remaja dan Medsos Tanpa Batas”]

Pada hari yang sama kepala daerah dari Kabupaten Lingga (Kepri), Kabupaten Indragiri Hilir (Riau) dan Kabupaten Tanjungjabung Timur (Jambi) menekan MoU Pilot Project Kerja Sama Regional Coconut Golden Triangle (CGT).

MoU lainnya antara Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa (Kopek), APCC, CIRAD dan Balit Palma, MoU Kopek dengan investor kelapa.

Bupati Gorontalo sebagai Ketua Kopek atau Bupati Lingga akan membacakan Deklarasi Kelapa, menyusul kemudian karnaval dengan peserta mengenakan kostum berbahan kelapa.

Nuansa kelapa akan lebih kental karena ada pencatatan Rekor Muri Pembuatan Lukisan Potret Presiden Jokowi dengan media sabut kelapa berukuran 3,6 x 4,8 meter. Rekor Muri lain juga diharapkan lahir dari Pembuatan Sofa Kreasi Sabut Kelapa Terpanjang dengan ukuran 25 meter.

[irp posts=”12578″ name=”SMAN 4 Tanjungpinang Latih Siswanya Bermental Wirausaha”]

Masyarakat serta wisatawan baik lokal maupun mancanegara akan disuguhi pameran dan bazar kuliner dengan menu berbahan kelapa dan turunannya.

Selanjutnya Presiden membuka Rakernas yang diikuti 248 bupati anggota Kopek. Masih tentang kelapa, sebelum bertolak kembali ke Jakarta Presiden menyempatkan diri dalam penenaman serentak bibit kelapa di Kebun PKK Kabupaten Lingga.

Bahkan seminar internasional yang mendatangkan Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, CEO Cocopallet Netherlends Michael Vos, Dr Ir Rizal Alamsyah dari APCC pun materinya tak lepas dari urusan kelapa.

[irp posts=”12575″ name=”Pejabat Ini Ingin Buka Rute Penerbangan Bintan – India, Siapa Dia?”]

Hari Kamis, 22 November pasa peserta juga masih berkutat dengan kegiatan soal kelapa. Diantaranya peletakan batu pertama pembangunan Monumen Kelapa di Simpang Air Merah, Singkep Barat, Lingga; filed trip ke lokasi pengembangan industri kelapa terpadu Lingga.

Nah, Anda ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Lingga sambil belajar banyak soal kelapa? Persiapkan dari sekarang. (mat)

Loading...