PWI Natuna Selenggarakan Uji Kompetensi Wartawan Angkatan I

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Mengingat pentingnya kompetensi bagi wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Natuna menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Pertama, Tahun 2018, pekan lalu.

UKW yang mendatangkan Tim Penguji dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Yogyakarta ini dilaksanakan di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, Natuna.

Pesertanya 18 orang dengan rincian 6 orang wartawan tingkat muda, 6 orang tingkat madya dan 6 orang uji tingkat Utama.

“Kegiatanini penting bagi upaya untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri para wartawan dilapangan dalam tugasnya sebagai pewarta, menjembatani informasi, mencerdaskan rakyat serta menjalankan peran kontrol sosial,” kata Bupati Natuna, Hamid Rizal yang hadir pada kesempatan itu.

[irp posts=”11614″ name=”Alhamdulillah, Kepri 4 Besar MTQ Nasional XXVII di Sumatera Utara”]

[irp posts=”11611″ name=”Gubernur Kepri Antar Sendiri Batuan Korban Puting Beliung Pakai Motor”]

[irp posts=”11607″ name=”Kapolres Tanjungpinang Minta Manajemen Hotel Informasikan Hal Berikut”]

Pemda juga akan mendukung terwujudnya pemberitaan dan informasi yang seimbang, sebagai harapan bentuk dukungan dalam mewujudkan transparansi serta implementasi keterbukaan informasi publik, sesuai Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008.

Ketua PWI Natuna sekaligus Ketua Pelaksana UKW, Ramayulis Piliang menyampaikan kegiatan ini diinisiasi awak media Natuna untuk meningkatkan motivasi kerja dan kompetensi diri dalam pelaksanaan tugasnya.

Sementara Ketua Tim Penguji, Agung Probowo menjelaskan sertifikasi ini penting terlebih saat reformasi bergulir, yang memberikan kebebasan setiap orang untuk membentuk badan usaha bidang jurnalistik tanpa harus melalui izin khusus dari pemerintah.

“Tulisan wartawan harus mempertimbangkan penerapan kode etik jurnalistik, apalagi saat ini terjadi kemajuan teknologi informasi sehingga masyarakat dapat mengakses informasi secara mudah dan cepat,” tuturnya. (mat)

Loading...