free page hit counter

Kapal Pengangkut 25 TKI Kabur Dikejar TNI AL

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sebuah speedboat kabur dari kejaran Kapal Angkatan Laut (KAL) Mapor, setelah menurunkan 25 TKI dari Malaysia dengan tujuan Batam, Kepri, Ahad (28/10/2018).

Saat itu, TNI AL tengah berpatroli di Perairan Barubesar, Nongsa, Batam. Di kejauhan terlihat sebuah speedboat melaju kencang. Pengejaran dilakukan saat speedboat sudah mendekati perairan dangkal di Batubesar.

Petugas mendata para TKI ilegal yang dipulangkan dari Malaysia ke Batam dengan speedboat. F-dispen

Sebelum sempat mencapai target, speedboat berhasil menurunkan 25 TKI. Begitu proses menurunka penumpang selesai, speedboat segera tancap gas, kabur. KAL segera melakukan peran sekoci (menurunkan sekoci) untuk melanjutkan pengejaran terhadap speedboat tersebut.

Upaya pengejaran tak membuahkan hasil, karena speedboat lebih cepat. KAL Mapor kemudian berbalik arah ke arah Karang Batu Besar untuk melakukan evakuasi terhadap 25 orang TKI yang terdiri dari 16 pria dan 9 wanita.

Ke-25 orang TKI tersebut kemudia diserahkan ke Lantmal IV selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan dan proses penyidikan oleh Tim Intel Lantamal IV. Dari penyidikan awal diduga bahwa TKI tersebut diangkut dari Malaysia menuju Batam dengan koordinator atau agen Saudara Wahab. Sementara Saudara Wahab sendiri sering melakukan aksi serupa dari Batam dan Tanjung Uban menuju Malaysia. (mat)

Loading...