Dimakan Karat, Ganti Tiang Listrik PLN dari Besi ke Beton

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Selain hujan badai, karat yang membuat pangkal tiang listrik PLN keropos, menjadi penyebab penting tumbangnya tiang di Jalan Seipayung, Tanjungunggat itu, Sabtu (6/10/2018) sekitar pukul 12.30.

Keroposnya tiang listrik dari besi itu terlihat jelas di lokasi kejadian. Di titik keropos yang terletak tepat di atas semen pelindung tiang, nyaris tak ada besinya lagi. Hanya bekas besi yang berubah jadi karat berwarna coklat tua, yang terlihat.

Tiang itu berdiri di tepi jalan yang berbatas langsung dengan rawa air asin di Jalan Seipayung. Ada sejumlah tiang listrik PLN dari besi yang berada di tepi rawa air asin itu.

“Dari atas nampaknya masih bagus, rupanya pangkalnya sudah habis dimakan karat. Kita mesti waspada! Jika melintas di dekat tiang besi PLN, yang dekat dengan air asin,” kata Bambang, warga setempat kepada suarasiber.com, Sabtu (6/10/2018) di lokasi kejadian tumbangnya tiang listrik itu.

Untuk menjamin keselamatan warga, Bambang berharap PLN segera mengganti tiang-tiang listrik yang terbuat dari besi itu.

Dikonfirmasi terpisah, Fauzan, GM PLN di Tanjungpinang, mengatakan kejadian itu bertepatan dengan adanya angin badai. Dan, untuk menjamin aliran listrik bisa lancar, pihaknya mempercepat penggantian tiang dan penormalan jaringan kembali.

“Untuk memperkecil zona padam, sebagian wilayah kita menuver ke saluran lain,” jelas Fauzan.

Terkait keroposnya tiang listrik dari besi itu, Fauzan, menegaskan bahwa pihaknya memang tengah melaksanakan program penggantian tiang besi itu. Penggantian dilaksanakan secara bertahap.

“Kalau dilihat arah ke bandara, kita sedang lansir tiang-tiang untuk penggantian besi ke beton. Di Tanjunguban juga sedang ada program penggantian. Cuma, memang tidak bisa sekaligus,” jelasnya. (mat)

Loading...