Dibentuk. BUMDes Desa Landak Segera “Jual” Pantai Pasir Panjang

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Harapan bagi warga Desa Landak untuk memaksimalkan potensi alam dan kemampuan warga sehingga bisa menghasilkan sesuatu bernilai ekonomi akhirnya kesampaian. Selasa (9/10/2018) di desa ini resmi dibentuk BUMDes Bestari Desa Landak.

BUMDes adalah Badan Usaha Milik Desa, dengan pengurus warga desa setempat. “BUMDes ini akan segera menyusun berbagai program kegiatan. Tujuannya ialah meningkatkan pendapatan asli desa,” terang Kepala Desa Landak, Amirullah AS, yang ditemui keesokan harinya di ruang kerjanya.

Kepala Desa Landak, Amirullah AS. F-hariyadi saputra/suarasiber

Berbagai hal yang sudah direncanakan ialah menyediakan sembako bagi warga. BUMDes juga akan menampung hasil usaha rumah tangga warga. Bahkan celah pariwisata pun bakal digarap. Salah satu destinasi andalan Desa Landak yang akan “dijual” kepada para turis, baik lokal maupun mancanegara ialah keindahan Pantai Pasir Panjang.

Keistimewaan pantai ini ialah keindahannya saat matahari terbenam (sunset). Banyak turis yang menantikan momen tersebut dengan mengambil gambar.

Selain Pantai Pasir Panjang, Desa Landak juga memiliki Gunung Datok yang diharapkan laku “dijual” kepada tamu dari luar daerah.

Sementara untuk terumbu karang, langkah awal yang akan dilakukan ialah membersihkan sampah di perairan yang terdapat keindahan bawah air ini. Tengah digagas untuk mempekerjakan petugas kebersihan yang bisa bekerja secara rutin membersihkan sampah yang dirasa mengganggu.

[irp posts=”11302″ name=”Ketua TP PKK Bintan Deby Maryanti Kecantol Kue Melayu”]

[irp posts=”11299″ name=”Wali Kota Tanjungpinang Kunjungi Pejabat Forkopimda”]

[irp posts=”11295″ name=”Koko Olimpiade di Tanjungpinang Sukses Gaet 1.500-an Peserta”]

Ditambahkan Amir, untuk mencapai tujuan itu, harus ada kerja sama dengan pemerintah desa dan lembaga lain yang ada. Bahkan kerja sama harus dilakukan juga dengan lembaga desa lain.

Ketua Pengawas BUMDes, Helmizar mengapresiasi terbentuknya badan usaha ala desa ini. Menurutnya, penggunaan bangunan bekas pabrik es sebagai pusat penjualan sembako bagi warga adalah langkah tepat. “Sebelum bangunan baru selesai dibangun, bagus sekali langkahnya,” pujinya.

Hekimzar meminta BUMDes merapatkan barisan dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Landak untuk pengembangan Pulau Pasir Panjang, Gunung Datok dan terumbu karangnya. (hs)

Loading...