Perusahaan LG Korea Hibahkan Pembangkit Listrik 1 MW untuk Kepri

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Gubernur Kepri Nurdin Bairun dan Senior Manager LG CNS Dong Wook (Dylan) Kim membahas hibah pembangkit listrik di ruang kerja Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Senin (3/9/2018) petang.

Pada pertemuan tersebut Nurdin didampingi Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah beserta Kadis Energi dan SDM Amjon. Yang ditegaskan Nurdin ialah mewanti-wanti agar regulasinya jangan sampai menyalagi aturan.

“Dinas Energi segera atur waktu agar dapat mendudukan hal ini bersama pihak PLN,” saran Nurdin.

Penjagaan, perawatan juga ditekankan oleh dia. Kepada Dylan, Gubernur meminta ke depan ada kerja sama dengan daerah dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia lokal khususnya dibidang kelistrikan.

“Kalau bisa kita kirim anak-anak muda kita ke Korea untuk memahirkan kemampuan mereka di bidang tersebut,” kata Nurdin lagi.

Disampaikan Dylan, LG CNS merencanakan menghibahkan mesin pembangkit listrik sebesar 1 Mega Watt untuk kemudian di bagi pertitik-titik lokasi di Kepri yang sangat membutuhkan keberadaan listrik.

“Konsen kami adalah untuk ikut membantu daerah agar listrik dapat teraliri,” ujarnya.

Kedatangannya ke Kepri, selain menyampaikan agenda kerja juga meminta izin Gubernur selaku kepala daerah. Targetnya, pada awal 2019 sudah mulai berjalan.

Kepala Dinas Energi dan SDM Provinsi Kepri, Amjon mengaku telah mendata lokasi yang benar-benar membutuhkan listrik. Dari 1 MW akan dibagi di lima lokasi, sehingga tiap-tiap lokasi mendapatkan 200 KW. Kapasitas ini cukup untuk 100 sampai 200 Kepala Keluarga (KK).

“Kombinasi tenaga surya dan disel, dari sebelumnya 6 jam bisa 12 bahkan hingga 24 jam terpenuhi,” lanjut Amjon. (mat)

Loading...