Pemprov Kepri Dimintai Mampu Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Meski kebutuhan pupuk untuk Bintan dinaikkan 3 ton dibandingkan tahun 2017, namun ternyata belum mencukupi juga. Pemkab Bintan pun meminta Pemprov Kepri menambah kuota pupuk itu.

Tahun 2017 silam, alokasi pupuk untuk Bintan sebanyak 95 ton. Pada tahun 2018 naik menjadi 98 ton. Sayangnya kenaikan ini masih belum sesuai harapan para petani.

“Pemprov Kepri selaku penyalur pupuk bersubsidi hendaknya mampu memenuhi kebutuhan untuk para petani di Bintan, sehingga mampu meningkatkan produksi pertaniannya,” kata Bupati Bintan Apri Sujadi, Ahad (16/9/2018).

Ia menyebut data dari Dinas Pertanian Bintan, secara keseluruhan pupuk subsidi yang dibutuhkan petani Bintan berjumlah 432 ton, yang didapatkan hanya 98 ton. Kekurangannya mencapai 334 ton. Masih ada 22 persen kebutuhan pupuk yang belum terpenuhi.

ā€¯Jumlah pupuk berimbas kepada hasil produksi. Tahun depan kami usulkan agar ditambah jumlahnya,” kata Apri.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bintan Supriyono mengatakan pupuk yang dibutuhkan oleh petani di Bintan meliputi Urea, SP-36, NPK, ZA, dan organik.

“Ada beberapa jenis pupuk subsidi yang alokasinya naik dan ada yang turun. Untuk alokasi anggaran pupuk subsidi ini, seluruhnya menggunakan anggaran pemerintah pusat,” ungkap Supriyono. (mat)

Loading...