Batu Berapit “Curi Start” Soal Pilkades 2018

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Pada akhir 2018 ini, ada 22 desa di Kabupaten Anambas melakukan pemilihan kepala desa. Diantara mereka, rupanya ada yang “curi start” dengan membentuk panitia lebih awal.

Adalah di Desa Batu Berapit, Kecamatan Jemaja, yang sudah lebih awal memilih panitia Pilkades. Pelantikan ini dilaksanakan Sabtu (1/9/2018). Pelantikan dihadiri personel Pos AL Jemaja, Polsek Jemaja, Koramil Jemaja, Kecamatan Jemaja serta tokoh masyarakat.

Penandatanganan berkas acara pemilihan dan pelantikan panitia Pilkades. F-hs

“Benar, kami melakukan pelantikan penitia Pilkades. Mengingat Oktober tak lama lagi, makanya harus segera dipilih panitianya,” jelas Ketua BPD Batu Berapit, Samsul Kamal yang dimintai keterangan usai acara.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Batu Berapit 2018 yang terpilih, Yopa Rizal AMd menyebutkan selain dirinya ada seorang skretaris, seorang bendahara dan dua anggota akan membantunya.

“Begitu dilantik, kami harus langsung bekerja semaksimal mungkin. Karena mengingat waktunya mepet, kami harus curi start setidaknya untuk melakukan pendataan data pemilih sementara. Dua bulan bukan waktu lama, semoga nanti berjalan sesuai jadwal,” imbuh Yopa.

Mereka berusaha menjada agar pesta demokrasi, meski tingkat desa bisa dilaksanakan secara demokratis. F-hs

Namun demikian ia masih menunggu peraturan apa yang akan dijadikan pedoman. Sebab informasi yang ia terima dari Samsul Kamal, ada perubahan atas Permendagri 113 Tahun 2014 menjadi Permendagri No 65 Tahun 2017.

Gerak cepat pembentukan Panitia Pilkades Batu Berapit disambut gembira Kepala Desa Umar Lisman. Ia memperkirakan, mungkin BPD Batu Berapit adalah yang pertama memilih dan melantik panitia pilkades dibandingkan desa-desa lain di Anambas.

“Soalnya belum ada saya dengar desa lainnya sudah membentuk panitia. Luar biasa, semoga terlaksana dengan baik dan lancar sampai masa pemilihan,” doa dan harapan Umar Lisman. (hs)

Loading...