Pemkab Siapkan Promosi Digital Kuliner Bintan

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Zaman terus berbenah, dunia digital sudah menjadi kebutuhan setiap umat manusia. Pemkab Bintan pun membidik teknologi ini untuk mempromosikan kuliner.

Ditemui di sela-sela pembukaan Bintan Ekspo Sejahtera, di halaman Gedung Nasional Tanjunguban, Sabtu (18/8/2018) sore, Kepala Dinas Sosial Bintan Naharuddin mengatakan tengah menyiapkan upaya promosi digital.

“Dengan basis online mungkin akan lebih efesien dari segi waktu, untuk menjangkau pasaran yang lebih luas,” kata Naharuddin.

Sementara ini, yang bisa dilakukan ialah dengan beragam gelaran. Seperti Bintan Ekspo Sejahtera ini. Menurutnya, ekspo ini dilakukan untuk promosi karya seni dan kuliner. Dengan harapan, produk asli Bintan bisa semakin dikenal oleh masyarakat Bintan sendiri, dan masyarakat di luar.

Saat membuka kegiatan ini, Sekretaris Daerah Bintan, Adi Prihantara mengatakan berbagai kreasi khas Bintan baik kuliner maupun karya seni, sudah sudah banyak yang diminati turis internasional. Buktinya, banyak wisatawan mancanegara yang membeli kuliner khas Bintan. Seperti keripik ubi ungu dan seni ukir miniatur kapal dari tulang ikan.

“Banyak hasil kreativitas dari tangan-tangan terampil di Bintan yang diminati turis. Mereka beli untuk oleh-oleh. Ini peluang yang harus kita lirik secara jeli,” terang Adi.

Untuk menembus pasar internasional, Adi menyebutkan, produktivitas seni maupun kuliner khas Bintan masih terbatas. Sehingga, menjadi kendala saat memasarkan produk ke luar negeri. Perlu upaya serius yang dilakukan secara bersama, agar produktivitas kontinyu dan memenuhi permintaan pasar.

“Masalah kemasannya juga. Karena, jika sudah masuk ke pasar internasional tetapi kemasannya biasa-biasa saja, produk kita bisa tergeser dengan produk lain yang kemasannya lebih modern,” kata Adi. (mat)

Loading...