Lapas Narkotika Terapkan Teknologi Zaman Now

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Teknologi terus berkembang, manusia pun semakin familiar dengannya. Tak ingin mempertahankan budaya gaptek, Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang pun menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.

Sejak semingguan lalu, keluarga narapidana yang ingin berkunjung mendapatkan pelayanan baru berupa perangkat pemindai KTP elektronik. Tinggal serahkan KTP, pindai, maka semua informasi yang sudah dimasukkan ke chip terpampang di layar komputer.

Tinggal memindai KTP elektonik, maka semua informasi yang sudah dibenamkan di dalamnya akan diunduh secara otomatis ke layar komputer. F-mat

“Cepat, menghemat waktu,” aku seorang anggota keluarga narapidana yang menunggu giliran dipanggil, beberapa hari lalu.

Sebelumnya, pendaftaran dilakukan di ujung bangunan. Semuanya masih manual. Tentu saja prosesnya lama. Lagipula tak nyaman saat panas terik atau hujan. Kini ruangan pendaftaran dipindahkan, lebih baik dengan pendingin udara di dalamnya.

Menurut petugas, perangkat pemindai KTP elektronik sangat membantu. “Alat ini bisa mengenali informasi pemilik KTP elektronik hanya dengan memindai foto, KTP-nya atau sidi jari bersangkutan,” terangnya.

Mau konfirmasi kunjungan ke Lapas Khusus Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, kini bisa melakukannya melalui ponsel. F-mat

Suarasiber melihat, saat itu ada warga yang antre mendaftar. Ia lantas menempelkan jari tangannya, sesaat kemudian informasi tentangnya terbaca di layar komputer yang posisinya hanya bisa terlihat oleh petugas.

Untuk melengkapinya, Lapas yang berada di Jalan Dr Sahardjo, SH nomor 03, Kampung Banjar, Batu 18 Kijang, Bintan ini sudah terlebih dahulu membuka layanan pendaftaran kunjungan online. Warga tinggal mengaksesnya melalui lapasnarkotika.kepri.or.id dengan desktop atau ponsel.

Jika sudah terkonfirmasi, warga tinggal datang pada hari yang sudah ditetapkan dengan membawa kartu identitas. “Tinggal masuk dan silakan ikuti proses yang ada termasuk mengambil data pengunjung dengan alat pemindai tadi. Lebih mudah, lebih singkat waktunya,” kata Kalapas Khusus Narkotika Kelas IIA Tanjungpinang, Misbahuddin kepada suarasiber. (mat)

Loading...