Besok, Jemaah Tanjungpinang Bergerak ke Arafah

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jemaah calon haji Tanjungpinang, dan Kepri akan bergerak ke Arafah, Minggu (19/8/2018) sekitar pukul 09.00 Waktu Arab Saudi (WAS).

Informasi ini disampaikan jemaah asal Tanjungpinang Drs Edi Pribadi menjawab suarasiber.com, kemarin.

Jemaah Tanjungpinang saat ini tengah memersiapkan diri di maktab. Dan, umumnya dalam keadaan sehat walafiat.

“Ada beberapa orang yang terkena batuk. Tapi umumnya dalam keadaan sehat walafiat untuk melaksanakan wukuf di Arafah,” kata Edi Pribadi.

Para jemaah di Terowongan Mina. F-istimewa

Mereka akan bergabung bersama sekitar 3 juta jemaah lainnya dari seluruh dunia, untuk melaksanakan wukuf. Wukuf di Arab Saudi dilaksanakan, Senin (20/8/2018) mulai sejak tergelincirnya matahari.

Saat wukuf di Arafah inilah jemaah berdoa, dan berzikir sebanyak-banyaknya. Inilah tempat dimana doa doa dikabulkan oleh Allah SWT.

Usai melaksanakan wukuf, seusai salat Maghrib dan Isya yang dijamak rombongan bergerak dengan bus ke Muzdalifah untuk mabit (bermalam).

Di Muzdalifah jutaan jemaah berbaring atau tidur langsung beratapkan langit di padang terbuka. Umumnya jemaah membawa tikar sekedar alas badan untuk berbaring.

Saat mabit, jemaah juga mengumpulkan sejumlah batu kerikil, yang akan digunakan untuk melontar jumrah di Mina. Usai salat Subuh, jemaah bergerak kembali dengan bus ke Mina.

“Tenda maktab kita berjarak sekitar 3 Km dari tempat melontar jumrah. Pergi pulang sekitar 6 Km. Jadwal jemaah kita melontar sekitar pukul 16.00,” ujar Edi.

Dijadwalkan, imbuh Edi, jemaah Tanjungpinang kembali ke Mekah, Kamis (23/8/2018). Di Mekah, jemaah melanjutkan prosesi ibadah haji dengan tawaf ifadah. (mat)

Loading...