Tanaman Anggur Eks Eropa Tumbuh Subur di Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Asumsi tanaman anggur tak bisa tumbuh subur dan berbuah lebat di Tanjungpinang, mesti disingkirkan. Jangankan anggur lokal, tanaman anggur eks Eropa juga bisa subur dan berbuah lebat.

Kalau masih tak percaya, datang, lihat dan rasakan lezatnya buah anggur yang ditanam di halaman rumah Drs Efiyar M Amin di Jalan Peralatan Tanjungpinang.

Ada puluhan tanaman anggur dari berbagai jenis yang sudah dan sedang berbuah lebat. “Sekitar 6 bulan sejak tanam sudah berbuah lebat,” kata Hj Fenny Efiyar menjawab suarasiber.com, kemarin.

Di bawah rindangnya tanaman anggur, Fenny Efiyar, menjelaskan sebelum bertanam anggur dia ikut pelatihan selama beberapa bulan.

Sedangkan bibit tanaman didatangkan dari berbagai daerah di Tanah Air atau melalui komunitas pecint tanaman anggur.

“Kalau anggur dari Eropa, kita kasih cahaya lebih dengan tambahan lampu. Kenapa gitu, karena di tempat asalnya masa siangnya lebih panjang,” jelas Fenny, yang melakukan perbanyakan sendiri tanaman anggur itu.

Dinginnya tangan Fenny, membuat rumahnya berubah menjadi rumah anggur. Tanaman anggur dengan buahnya yang lebat bisa ditemui di depan, di belakang, di samping rumah. Bahkan, di atas lantai 2 rumahnya juga digunakan untuk membudidayakan anggur.

Mau coba? Silahkan bertanya langsung ke Hj Fenny Efiyar M Amin di Jalan Peralatan Tanjungpinang. (mat)

Loading...