Groundbreaking Industri Gula Bit Pertama di Indonesia oleh Presiden Jokowi di Singkep

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Selain groundbreaking industri tambak udang bernilai sekitar Rp1,2 triliun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga akan meresmikan proyek industri gula bit di Pulau Singkep, Kabupaten Lingga, awal September 2018.

Industri gula bit ini proyek pertama yang dilaksanakan di Tanah Air. Lahannya di Kecamatan Singkep Barat dengan luas sekitar 300 Ha dengan investasi sekitar Rp50 miliar. Total nilai investasi yang pelaksanaannya akan diresmikan Presiden Jokowi nanti berjumlah sekitar Rp1,25 triliun.

Industri gula bit ini dilaksanakan terpadu dari hulu ke hilir. Yang berarti selain memroduksi gula bit, industri ini juga menanam buah bit sebagai bahan baku gula bit.

Hal ini disampaikan Bupati Lingga Alias Wello menjawab suarasiber.com, Selasa (31/7/2018).

Menjawab investor industri gula bit ini, Alias Wello yang biasa disapa Awe, mengatakan berasal dari dalam negeri.

“Ini industri gula bit pertama di Tanah Air. Mereka sudah meninjau lokasi lahan, untuk penanaman buat bit, dan pabriknya,” kata Awe.

Produksinya nanti, ujar Awe, berjumlah sekitar 20 ton per hari. Gula bit di Lingga ini sekaligus menjadi pilot project di Indonesia.

Awe menambahkan saat ini Pemkab Lingga terus berkoordinasi dengan Jenderal (Purn) Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan, untuk menyiapkan peresmian investasi di Lingga. (mat)

Loading...