Tambak Ikan Binaan Lanal Batam Jadi Pilot Project

Loading...

BATAM (suarasiber) – Tak banyak yang tahu jika Lantamal IV Tanjungpinang dan Lanal Batam mengembangkan tambak ikan. Bahkan tambak di Kampung Sungai Buluh, Sembulang, Galang, Batam ini akan menjadi pilot project lanal lain.

Panen raya ikan air tawar dipimpin Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono SE MM, Kamis (29/6/2018). Ikan yang dipanen diantaranya lele, mas dan gurami.

Pangkoarmada I menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, menyebutkan bahwa tugas TNI AL dimasa damai yaitu melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut. Sebagai implementasinya, Dispotmar Koarmada I dan jajarannya melaksanakan kegiatan pembinaan potensi maritim (Binpotmar).

Kegiatan Binpotmar Tahun 2018 dilaksanakan dalam bentuk kegiatan fisik berupa pelatihan pertanian dan pengolahan rumput laut, pelepasan benih penyu/tukik dan bersih-bersih pantai serta sungai yang secara serentak dilaksanakan dibeberapa pangkalan di wilayah kerja Koarmada I.

Tambak ikan air tawar ini bekerja sama dengan Pemko Batam dalam rangka menekan ketidakstabilan harga ikan air tawar. Gagasannya kala itu membentuk wadah yang berbadan hukum. Lanal Batam memberikan jaminan tidak akan ada lagi pasokan ikan air tawar ilegal dari luar negeri melalui jalur laut.

Lahirlah Asosiasi Peternak Ikan Air Tawar (Asperikat). Asosiasi ini murni diinisiasi oleh Lanal Batam. Berkat Asperikat, inflasi bisa ditekan.

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Ahmad yang hadir pada panen raya menyampaikan terima kasi atas dukungan dan bantuan TNI AL dalam hal ini Lanal Batam dalam memberikan kontribusi keamanan dan kenyamanan sehingga situasi Batam senantiasa kondusif.

Sementara Pangkoarmada I mengatakan budidaya perikanan oleh Lanal Batam tersebut akan dijadikan sebagai pilot project atau proyek percontohan bagi daerah/pangkalan lain untuk mampu membuat program ketahanan pangan dalam mewujudkan tugas pokok bidang binpotmar dalam mendukung ketahanan pangan.

Panen raya digelar secara serentak di 5 Lantamal dan 19 Lanal jajaran Koarmada I. Pangkoarmada I juga melaksanakan video conference dengan Lantamal I Belawan, Lantamal II Padang, Lanal Nias, Lanal Bandung serta Lanal Cirebon yang juga melaksanakan panen raya budi daya ikan. (mat)

Loading...