Pengamanan Lebaran 2018, Koarmada I Siagakan KRI

Loading...

JAKARTA (suarasiber) – Keamanan di laut bagi para pemudik tentu menjadi kebutuhan agar bisa berlebaran di bersama keluarga. Terkait hal tersebut, Komanda Armada (Koarmada) I bakal menyiagakan diri dengan unsur-unsur yang dimilikinya untuk berpatroli di lautan.

Dalam rilis yang diterima suara siber, Senin (11/6/2018) penegasan tersebut diungkapkan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono SE MM dalam rangka Pengamanan Laut Arus Mudik Lebaran Tahun 2018 di Banten, pada hari itu juga.

Pangkoarmada I melaksanakan pengecekan menggunakan pengamanan lebaranj 2018 dari atas KRI Torani-860. F-humaskoarmada-i

Pangkoarmada I menyebutkan semua pangkalan di jajaran Koarmada I terlibat aktif dalam pengamanan lebaran khususnya di perairan yang menjadi tanggung jawab Koarmada I serta di pelabuhan-pelabuhan wilayah barat. Unsur-unsur yang dilibatkan adalah satuan kapal patroli Lantamal jajaran Koarmada I serta kapal-kapal patroli keamanan laut dari Lanal Jajaran Koarmada I beserta prajuritnya.

Untuk memastikan kesiapan jajarannya, Pangkoarmada I melaksanakan peninjauan secara langsung khususnya diwilayah Perairan Jakarta dan Banten. Di sini Koarmada I menyiagakan tiga unsur KRI yaitu KRI Tenggiri-865, KRI Sikuda-863 dan KRI Torani-860 sebagai Unsur Pengamanan Laut serta melibatkan Kal Tamposo dan 3 unit Patkamla dari Lanal Banten.

Pangkoarmada I melaksanakan pengecekan menggunakan KRI Torani-860. “Pengamanan untuk menjamin kelancaran, keamanan, kenyamanan serta mengantisipasi terjadinya berbagai tindak kejahatan di laut seperti perompakan, illegal fishing, illegal logging, illegal entry, maupun aksi terorisme dalam arus mudik lebaran tahun 2018,” ungkap Pangkoarmada I.

Situasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1439 H merupakan waktu yang rawan yang kemungkinan akan dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan khususnya melalui laut, untuk itu Koarmada I akan terus meningkatkan pengawasan dan pengamanan jalur laut agar dapat mengantisipasi secara dini kemungkinan adanya tindak kejahatan di laut dengan memaksimalkan patroli laut secara berkesinambungan. (mat)

Loading...