Pangkoarmada I Buka Pelatihan Pengolahan Rumput Laut di Kepri

Loading...

BATAM (suarasiber) – Pangkoarmada I Laksda TNI Yudo Margono SE MM membuka Pelatihan Pengolahan Rumput Laut untuk perwakilan personel dan masyarakat di Kawasan Pelabuhan Wisata Coral Pulau Nguan, Galang Baru, Batam, Kepri, kamis (28/6/2018).

Pelatihan ini merupakan wujud upaya TNI AL untuk berperan serta memacu pemanfaatan potensi maritim guna membantu menangani permasalahan ketahanan pangan khususnya di Kepulauan Riau. Tak hanya pembididayaan, juga pembimbingan pengolahan rumput laut menjadi produk olahan siap ekspor.

Berfoto bersama usai pelatihan budidaya rumput laut untuk personel TNI AL dan nelayan setempat. F-ist

“Semoga mampu menciptakan kemandirian permanen dalam kehidupan itu sendiri serta dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan rumput laut guna mendukung kesejahteraan masyarakat,” kata Pangkormada I.

Peserta pelatihan 175 orang, terdiri dari prajurit TNI AD, TNI AL, TNI AU dan masyarakat nelayan. Selama dua hari, 28 sampai 29 Juni 2018, peserta mendapatkan ilmu mulai ceramah, diskusi, fieldtrip serta praktik. Teori yang dilanjutkan praktik dimaksudkan agar peserta memahami secara keseluruhan cara membudidayakan rumput laut.

Usai pelatihan, Pangkoarmada I menandatangani Prasasti Pusat Pengolahan Hasil Budidaya Rumput Laut Se-Provinsi Kepulauan Riau. Pada kesempatan ini, ibu-ibu Jalasenastri dari Korcab IV Tanjungpinang dan Jalasenastri Cabang V Lanal Batam melakukan demonstrasi membuat olahan rumput laut menjadi mi, kerupuk, selai dan jus rumput laut.

Selain pelatihan, warga mendapatkan kesempatan berobat gratis. Untuk kegiatan ini Pangkormada I bekerja sama dengan BKKBN Kepri.

Hadir pada hari itu Danlantamal IV Tanjungpinang, Danguskamla Koarmada I, Wadanlantamal IV, Paban 3 Ster TNI, Paban 6 Spotmar Kasal dan Sekdispotmar, perwakilan dari pemerintah Provinsi Kepri serta perwakilan Wali Kota Batam. (mat)

Loading...