Jaga Keselamatan Pengunjung Pantai Trikora

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Kebiasaan yang selalu terjadi di Bintan, usai lebaran warga merayakannya dengan berliburan ke sejumlah pantai di Trikora dan Lagoi. Untuk itu Bupati Bintan, H Apri Sujadi SSos meminta semua pihak memantau keamanan demi keselamatan warga.

“Pasca lebaran juga harus menjadi perhatian kita. Setiap tahun banyak warga memanfaatkan waktu libur lebaran dengan mengunjungi dan berenang di kawasan Pantai Trikora dan Lagoi,” ujarnya di Komplek Kantor Bupati, Bandar Seri Bentan, Jumat (8/6/2018).

Perhatian utama diarahkan ke Pantai Trikora. Setiap tahun hampir selalu terjadi kecelakaan laut yang memakan korban di wilayah ini. Bupati meminta instansi terkait seperti Dinas Perhubungan, Tagana agar bekerja sama dengan kepolisan mendirikan posko di titik-titik yang rawan kecelakaan laut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira saat ditemui, Sabtu (9/6/2018) pagi menjelaskan pada bulan Januari 2018 pihaknya sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 556/Dispar 01-1 kepada pemilik atau pengelola usaha jasa, seperti hotel, home stay dan resort terkait imbauan keselamatan berwisata bagi pengunjung.

Di sana tercantum, para pengelola diminta menyediakan peringatan dan membatasi pengunjung dalam berenang agar tidak terlalu jauh dari sisi pantai, menyediakan jaket pelampung, tenaga medis dan melakukan pengawasan di area pantai/laut serta memiliki nomor petugas darurat PMI, BPBD dan Polsek terdekat. (mat)

Loading...