Ayam Jago Patok Tango

Loading...

Perancis vs Argentina
Sabtu (30/6/2018) Pukul 21.00

Bung Chris

Kepercayaan diri tim berjulukan Tango bertambah usai lolos dalam partai dramatis mengalahkan Nigeria dengan skor 2-1.

Menghadapi Perancis pada fase knock out menjadi ujian berikutnya bagi Messi dan kawan-kawan, untuk membuktikan kapasitas mereka sebagai tim unggulan.

Menurunkan lebih banyak pemain senior saat melabrak Nigeria kemungkinan akan dilakukan oleh pelatih Sampaoli. Otamendi dan Rojo akan mengisi pos lini pertahanan dengan kiper Armani dibanding Caballerro.

Pemilihan winger sangat menentukan. Jika Maria faktor pengalaman dan bermain di Liga Perancis menjadi pertimbangan, sementara Pavon lebih muda dan gesit dalam melakukan serangan dengan menyisir tepi lapangan.

Kemungkinan Maria starter dan Pavon masuk sebagai supersub. Pemilihan pemain sangat menentukan menghadapi Perancis yang belum terkalahkan.

Menyimpan Pogba dan Umtiti saat menjamu Denmark lebih bertujuan menyimpan tenaga. Pertarungan lini tengah dengan jumlah pemain yang lebih banyak akan dilakukan oleh pelatih Deschamp lewat pola 4-2-3-1.

Argentina dengan pola 4-3-3 ada kemungkinan menempatkan Higuaian sebagai striker, bukan Aguerro yang sudah mengemas satu gol.

Peran Messi sebagai second  striker bertujuan melindungi pemain berjulukan La Pulga tersebut dari tekanan Pogba dan kawan-kawan.

Matuidi sesama rekan Messi di Barcelona faham gerak dan liukan pemain bernomor punggung 10 tersebut. Mematikan Messi dan meminalisir pelanggaran pada area terlarang menjadi kunci squad Perancis untuk memenangi partai ini.

Dalam urusan penalti shoot out, Perancis unggul pada diri kiper Llories. Penjaga gawang klub Tottenham tersebut main secara reguler pada Liga Inggris, beda jauh dengan Cavalero yang cadangan di klub.

Dengan formasi lini belakang yang kemungkinan dipercayakan kepada Otamendi-Rojo. Griezmann dan Mbappe akan diinstruksikan oleh pelatih Deschamp untuk lebih berani melakukan penetrasi ke kotak penalti tim Argentina.

Kelincahan Griezman dan postur Mbappe menjadi awal serangan Ayam jago julukan timnas Perancis. Peran Pogba selain jangkar, juga bisa merubah alur serangan tidak selalu umpan pendek merapat, melainkan umpan jauh terukur dalam merubah sektor serangan.

Partai yang ketat, kelincahan Messi, kecepatan, dan liukan Maria menjadi pemandangan yang menarik disaksikan.

Fase knock out, menjadikan kedua tim ngotot. Kesabaran Messi menjadi kunci, sebaliknya Perancis akan lebih banyak menekan secara direct memanfaatkan kelincahan winger serta perubahan sektor tekanan untuk membongkar pertahanan Argentina.

Pertandingan yang ketat, Mascherano bisa terpancing emosi dalam pertandingan yang menguras tenaga dan pikiran. Perancis masih bisa unggul jika mampu lebih banyak meredam pergerakan Messi dan mengurangi pelanggaran dekat kotak penalti. (*)

Prakiraan Susunan Pemain:

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N’Golo Kante; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Ousmane Dembele; Olivier Giroud

Argentina: Franco Armani; Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Nicolas Tagliafico; Ever Banega, Javier Mascherano, Enzo Perez, Angel Di Maria; Lionel Messi, Gonzalo Higuain

Loading...