850 Kilogram Sabu Sabu Siap Masuk Indonesia

Loading...
Seandainya yang 1.037 Kilogram Bisa Lolos

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Kalau saja upaya penyelundupan sabu sabu eksTaiwan dengan berat sekitar 1.037 kilogram atau 1,037 ton berhasil, Indonesia bisa kebanjiran sabu sabu. Jika itu lolos, maka sekitar 850 kilogram sabu sabu lainnya sudah dipersiapkan masuk ke Indonesia oleh jaringan pengedar sabu sabu dari Taiwan.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Heru Winarko saat konferensi pers di dermaga Fasarkhan TNI AL, Mentigi, Senin (4/6/2018). Tak hanya ke Indonesia, jaringan Taiwan itu akan memasok sabu sabu sekitar 3 ton ke Filipina.

Para tersangka penyelundup sabu yang gagal memasukkan narkotika tersebut ke Indonesia. Padahal kiriman kedua sudah disiapkan seandainya mereka berhasil menjalankan tugasnya. F-mat

Rencana besar itu terungkap dari hasil pengembangan penyidikan 4 tersangka kurir sabu sabu dari Taiwan, yaitu Chen Chung Nan, Chen Chin Tun, Huang Ching An dan Hsieh Lai Fu, yang ditangkap pekan pertama Februari 2018 lalu.

Saat kapal Sun Glory ditangkap, ditemukan sabu sabu sekitar 1,037 ton di palka belakang. Mereka ditangkap oleh tim gabungan TNI AL, BNN, Bea Cukai di perairan Selat Philips Batam.

Dari kerja sama dengan kepolisian Taiwan, terungkap juga adanya pabrik pembuatan sabu sabu ilegal di Taiwan. Sabu sabu dari jaringan Taiwan, berbeda dengan yang berasal dari Tiongkok. Tiap-tiap produk memiliki ciri khas sendiri. (mat)

Loading...