Puluhan TKA Asal Tiongkok Mencari Rezeki di Tanjungpinang

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) di Kota Tanjungpinang hingga April 2018 berjumlah sekitar 56 orang. Berdasarkan data yang tercatat di Kantor Imigrasi Tanjungpinang ke-56 orang TKA itu berasal dari Tiongkok sekitar 48 orang, Taiwan 4 orang, Malaysia 1 orang, Korea Selatan 1 orang, dan Srilanka 1 orang.

Puluhan TKA tersebut bekerja di berbagai bidang pekerjaan. Seperti kerohanian, jasa akomodasi perhotelan, jasa konstruksi pembangunan gedung perkantoran/pertokoan, dan kantor perwakilan perusahaan asing. Kemudian, di bidang perikanan, perdagangan besar, jasa konstruksi, konstruksi bangunan cerobong, perdagangan makanan dan minuman.

“Jangan dibandingkan Batam. Batam kan memang kota industri yang terus berkembang,” kata Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Tanjungpinang Indra Kusuma menjawab suarasiber.com, Jumat (4/5/2018).

Sebelumnya suarasiber.com menyampaikan bahwa hingga Maret 2018, TKA di Batam yang jaraknya hanya sepenanakan nasi dari Tanjungpinang jumlahnya hingga sekitar 2.000-an orang. Umumnya, TKA di Batam tersebut bekerja di level top manajemen.

Besarnya investasi yang datang di Batam dari dalam dan luar negeri menjadi salah satu daya tarik banyaknya TKA di Batam. Sedangkan Kota Tanjungpinang lebih dikenal sebagai kota pemerintahan. Ada dua pemerintahan yang berada di kota ini, yaitu Pemko Tanjungpinang dan Pemprov Kepri serta Pemkab Bintan di Bintan Buyu. (mat)

Loading...