Pesan Gubernur, Awali dengan Senyum Tulus Ikhlas

Loading...
IPM Kepri Tertinggi di Sumatera, Nomor 4 Indonesia

BATAM (suarasiber) – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kepri tahun 2017 sebesar 74,45, menjadikannya tertinggi di Sumatera dan urutahn keempat di Indonesia.

Berdasarkan rilis dari Badan Pusat Statistik (BPS), April lalu, IPM Indonesia 70,81, tumbuh 0.90 persen dibandingkan tahun 2016. Jika dilihat dari angkanya, IPM Kepri bahkan lebih tinggi dari IPM Indonesia.

Dari data BPS tersebut, IPM tertinggi tingkat provinsi diraih DKI Jakarta (80,06), Jogja (78,89) dan Kaltim (75,12). Kepri di urutan keempat, tepat berada di atas Bali yang IPM-nya sebesar 74,30.

Gubernur H Nurdin Basirun mengaku senang dengan peningkatan IPM Kepri. “Peningkatan kualitas kesehatan juga ikut mendorong peningkatan indeks pembangunan manusia,” kata Nurdin saat melantik dan mengukuhkan Alumni Perawat Griya Husada UNIBA di Guest House Uniba Batam, akhir pekan lalu.

Menurut Nurdin, Pemprov Kepri akan terus mendorong pembangunan sumber daya manusia yang semakin baik. Karena itu, dia berterima kasih dengan banyak pihak yanh berperan aktif sesuai bidang masing-masing meningkatkan kualitas SDM Kepri.

Peningkatan IPM menandakan harapan untuk hidup, baik dari dimensi kesehatan, harapan hidup, sekolah maupun hidup layak semakin panjang.

IPM disusun dengan menggunakan tiga dimensi, yakni dimensi kesehatan yang diukur dengan indikator umur harapan hidup, dimensi pengetahuan dan pendidikan yang diukur dengan harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah, serta dimensi hidup layak yang didekati dengan pengeluaran per kapita yang disesuaikan.

Dalam catatan BPS, peningkatan BPS menunjukkan adanya peningkatan kesehatan, pendidikan dan pemenuhan kebutuhan hidup.

Karena itu, Nurdin menyampaikan dia selalu mengajak komponen masyarakat melakukan yang terbaik untuk negeri ini. Membangun SDM semakin baik. kepada tenaga kesehatan diminta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Mulailah dari senyuman yang tulus ikhlas,” kata Nurdin.(mat)

Loading...