Atlet Indonesia Berjaya di Bintan Triathlon

Loading...

BINTAN  (suarasiber) – Dua atlet Indonesia meraih prestasi pada ajang Bintan Triathlon 2018, di Nirwana Gardens Resort, Lagoi, Kabupaten Bintan, Sabtu (12/5) dan Minggu (13/5) kemarin. Atlet tersebut, Andy Wibowo yang sudah dua kali juara, kembali menjuarai pada tahun ini. Ia menjadi tercepat.

Sedangkan Inge Prasetyo berhasil di posisi tercepat kedua, untuk kategori utama wanita. Atlet Asian Games Indonesia lainnya, Eva Desiana berada di posisi keempat untuk kategori olimpic distance.

Andy Wibowo berhasil menjadi juara pertama dengan menyelesaikan lintasan etape berenang sepanjang 1,5 kilometer, balap sepeda sejauh 40 kilometer dan lari sepanjang 10 kilometer, dengan waktu 02.09.19. Juara kedua berhasil diraih atlet asal Inggris, James Middleditch (02.17.41) dan Liam Winston dari Irlandia, dengan catatan waktu 2 jam, 18 menit dan 5 detik (02.18.05).

Atlet Jerman Jennifer Zenker, menang untuk kategori olympic distance women,  dengan catatan 02:15:56. Atlet wanita yang dinobatkan sebagai triathlete tercepat kedua diberikan kepada Inge Prasetyo. Ambasador Ironman 70.3 Bintan ini menyekesaikan lintasan dengan waktu 02.24.23, disusul Charlotte Henry asal Perancis dengan catatan waktu 02.30.37.

“Dua atlet Indonesia menjuarai Bintan Triathlon 2018, Andy Wibowo juara pertama dan Inge Prasetyo juara dua,” ujar Luki Zaimian Prawira, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bintan, Minggu (13/5) kemarin.

Selain Andy dan Inge Prasetyo, kata Luki, Indonesia juga menurunkan atlet nasional lainnya yaitu Eva Desiana. Namun atlet pelari yang akan mengikuti Asian Games ini berhasil finish keempat dalam kategori yang sama.

“Eva Desiana ini juga kita datangkan untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Dia juga pernah meraih juara dua di iven ini, pada 2016 lalu,” jelasnya.

Eva Desiana merasa senang meskipun berada di posisi keempat. Karena kehadirannya di ajang bergengsi kelas dunia ini, guna mematangkan mental dan menjadi uji coba sebelum bertanding di Asian Games 2018, Jakarta-Palembang, Agustus mendatang.

“Saya diundang oleh Dispar Bintan untuk mengikuti Triathlon Bintan 2018 ini. Jadi saya jadikan ajang ini sebagai latihan juga sebelum bertanding di Asian Games 2018,” katanya.

Wanita kelahiran Sumatra Barat ini awalnya sangat optimis duduk di posisi pertama kategori olympic distance women. Namun dikarena cuaca panas terik dan pada akhir lomba hujan, membuat staminanya sangat terkuras.

“Tapi ini menjadi pelajaran saya. Semoga di Asaan Games nanti, berada di posisi pertama. Sehingga bisa membanggakan negara ini,” ucapnya. (mat)

Loading...