Pusat Bantu Serahkan Kapal Senilai Rp2,4 Miliar untuk Tambelan

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Keterbatasan sarana transportasi bagi warga Tambelan bakal berkurang. Setidaknya setelah kementerian Perhubungan menyerahkan bantuan Kapal Pelra Banawa Nusantara 4, belum lama ini.

Penyerahan kapal bantuan dengan ukuran 35 GT ini dilaksanakan di Makassar. Kapal untuk Pemkab Bintan ini diterima oleh Kepala Dinas Perhubungan Yandrisyah, mewakili Bupati Bintan, Apri Sujadi.

Dijelaskan oleh Bupati, saat ditemyi di Kantor Bupati Bintan, Selasa (24/4/2018), selain Kabupaten Bintan, ada 23 kabupaten dan kota di Indonesia mendapatkan bantuan kapal yang sama.

“Cuma 24 kabupaten/kota yang mendapat bantuan kapal pelayaran rakyat (Pelra) ukuran 35 GT, dengan nilai Rp 2,45 miliar ini. Untuk Bintan akan kita operasikan di Tambelan,” kata Bupati.

Kapal itu, tambahnya, akan menjadi armada transportasi laut di pulau-pulau kecil wilayah Kecamatan Tambelan. Juga bisa digunakan untuk angkutan barang bahan pangan atau bahan pokok bagi masyarakat Tambelan.

“Beli bahan pokoknya di Pontianak,” sebut Bupati.

Kapal untuk Tambelan itu merupakan anggaran tahun 2017. Untuk tahun 2018, Pemkab Bintan juga akan berusaha mendapatkan bantuan kapal Pelra agar bisa diperbantukan di wilayah Kecamatan Bintan Timur, Bintan Pesisir dan Kecamatan Mantang.

“Semoga usulan kita untuk pengadaan kapal Pelra 35 GT tahun ini dikabulkan oleh Menteri Perhubungan,” doa Bupati.

Sementara itu dikabarkan Yandrisyah, saat ini KM Banawa Nusantara 4 sedang dijemput di Pekalongan, Jawa tengah.

“Saya sedang ke Jakarta, nanti ke Pekalongan. Di Kepri ini, Bintan dan Natuna yang mendapat bantuan kapal Pelra,” kata Yandrisyah. (mat)

Loading...