free page hit counter

Meriah! Gemarikan dan B2SA Bintan Usung Tema Khas Daerah

SEBAGAI wilayah yang mayoritas perairan, Kabupaten Bintan sesuai dijadikan satu garda terdepan dalam mewujudkan masyarakat yang gemar mengkonsumsi hasil biota laut termasuk ikan. Program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang merupakan salah satu program nasional terus disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai event dan perlombaan.

Hj Deby Maryanti juga memberikan pujian untuk kerajinan tangan lain yang dikerjakan ibu-ibu anggota PKK.

Tahun ini, kembali digelar Lomba Gemarikan dan Cipta Menu B2SA antar kader kecamatan yang ada di Kabupaten Bintan. Bupati Bintan H Apri Sujadi SSos didampingi Ketua TP PKK Bintan Hj Deby Maryanti, Ketua DWP Bintan Nong Adi Prihantara, kepala OPD Bintan dan jajaran terkait lainnya antusias melihat satu demi satu stan peserta yang menyajikan beragam kreasi masakan.

Bupati Bintan, H Apri Sujadi SSos dan Ketua TP PKK Bintan, Hj Deby Maryanti bersama para pemenang.

Apri menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini sangat penting dan bermanfaat. Khususnya bagi Bintan yang masyarakatnya dikenal sangat akrab dengan ikan.

“Terlihat sederhana, tetapi sesungguhnya tujuan kegiatan ini tak lain untuk mengingatkan masyarakat kita agar tetap cinta pada hasil alam. Ikan dengan protein dan omega 3 yang terkandung di dalamnya sangat baik bagi tubuh manusia. Kita punya modal bakunya, nah di sini dilatih lagi cara pengelolaannya agar bisa lebih bergizi dan seimbang,” ungkap Apri.

Gemarikan juga mulai diperkenalkan kepada anak-anak agar mereka tahu betapa penting mengonsumsinya.

Ditambahkan Deby, tahun ini TP PKK Bintan memilih bandeng sebagai bahan utama dan mengusung tema kuliner khas daerah. Ia berharap pemenangnya nanti akan berlaga ke tingkat Provinsi dengan tetap membuat masakan beridentitaskan Bintan.

Senyum para juara disaksikan pemimpin daerah mereka dan Ketua TP PKK Bintan.

“Tahun ini penilaian tertinggi pada konsep masakan yang bertemakan kekhasan daerah. Kuliner kita kan banyak sekali, bisa dikreasikan namun tetap tidak mengubah nilai khasnya. Di sini poinnya, panganan khas daerah kita kreasikan dalam perlombaan sekaligus mengenalkan kembali betapa lezatnya cita rasa masakan yang ada di Bintan,” jelas Deby.

Selamat untuk para pemenang, semoga bisa mengulang sukses tahun sebelumnya yang mampu mencapai tingkat nasional.

Harapan Deby ialah masakan Bintan bisa kembali mengharumkan namka kabupaten ini di kancah nasional. “Tahun 2016 kita meraih terbaik III nasional. Insyaallah tahun ini semoga kita bisa menggenggam kembali sejarah itu bahkan sedapat mungkin kita tingkatkan,” harapan dan doa Deby.

Berfoto bersama usai pengumuman para pemenang.

Akhirnya juri memutuskan tim Kecamatan Bintan Utara sebagai Juara I, disusul Kecamatan Mantang sebagai Juara II, kemudian Kecamatan Gunung Kijang sebagai Juara III. Sementara itu untuk kategori Cipta Menu B2SA, Juara I diraih oleh Kecamatan Bintan Timur, diikuti Juara II yakni Kecamatan Gunung Kijang dan Juara III diraih oleh Kecamatan Teluk Sebong. ***

Bagikan berita
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •