Laguna Pulau Bawah Lebih Indah dari Bali atau Raja Ampat

Loading...
Dilengkapi Fasilitas Bandara Air Pertama di Indonesia

TANJUNGPINANG (suarasiber) –  Semuanya boleh dan sah menyebut sebuah loaksi wisata sebagai surga. Namun tahukah Anda bahwa surga tropis itu berada di Kepri? Tepatnya di tengah lima pulau kecil yang mengelilingi sebuah anugerah Tuhan yang maha elok yang juga disebut laguna.

Lima pulau kecil itu terdapat di Pulau Bawah, Kabupaten Anambas. Keindahan Pulau Bawah di Kabupaten Anambas inilah yang oleh CNN beberapa tahun lalu diakui diakui sebagai pulau tropis terindah di Asia Pasifik. Bukan Pulau Bali juga bukan Raja Ampat di Papua.

Bahkan, sejumlah wisman yang pernah ke sana menilai, keindahan laguna di Pulau Bawah dinilai setara dengan Bora-Bora di Tahiti. Wow…

Masykur, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Anambas, mengatakan Pulau Bawah tak kalah indah dibanding Raja Ampat, Papua. Hanya saja Raja Ampat sudah lebih dikenal karena sudah dipromosikan banyak pihak.

Masykur optimis, ke depan Pulau Bawah akan lebih berkembang karena lokasinya lebih dekat (dari Singapura atau Jakarta, red).

Apalagi sejak Mei tahun 2017, Pulau Bawah bisa “didarati” pesawat amfibi yang terbang dari Batam. Sekaligus menjadikan Pulau Bawah sebagai bandara air pertama di Tanah Air.

“Ada banyak spot diving, dan snorkeling di 220 pulau di Anambas. Semua disertai terumbu karang yang masih asli, yang kaya dengan spesies ikan yang hanya ada di sini (Anambas),” kata Masykur, menjawab suarasiber.com, Senin (2/3/2018),

Pulau Bawah, yang dapat ditempuh dalam beberapa jam saja dari Letung, Jemaja (kini ada Bandara Letung), terdiri dari 5 pulau kecil yang saling terhubung secara melingkar. Sehingga di tengahnya tercipta laguna yang luar biasa indah.

Kelima pulau itu seperti saling terhubung di saat air laut surut. Sebab, pasirnya yang putih dengan terumbu karangnya yang masih asli terlihat jelas. Begitu juga warna-warni ikan karang yang bermain di terumbu karang itu.

Itu sebabnya, ada yang menyebutkan diving dan snorkeling di laguna Pulau Bawah berasa seperti di surga. “Surga tropis yang sesungguhnya memang ada di Anambas. Tepatnya, di Pulau Bawah,” ujar Indra, aktivis pemuda Kepri.

Bukan hanya Pulau Bawah, imbuh Indra, Anambas punya banyak “surga” lainnya, yang beberapa diantaranya belum terjamah.

Hal ini dibenarkan Masykur, yang menambahkan untuk wisata pantai, dan bahari, Anambas umumnya dan Pulau Bawah khususnya lebih indah daripada Bali. Seluruh pantainya berpasir putih. Kejernihannya air lautnya bisa sampai kedalaman 2 meter.

“Semua masih alami dan bebas dari pencemaran apapun. Sehingga, keindahan dan kelestariannya masih terjaga,” jelasnya. (mat)

Loading...