Hari Libur, Kapolres Tanjungpinang Membuat Kaget Anggotanya

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Sabtu, 14 April 2018 tercatat sebagai tanggal merah di almanak. Hari libur. Bagi sebagian besar orang yang bekerja kantoran, hari libur dinanti untuk sekadar bisa berkumpul bersama keluarga.

Sabtu itu, pagi menjelang siang, Tanjungpinang diguyur hujan. Derasnya sebentar, setelah itu menyisakan gerimis yang membuat hawa lumayan sejuk. Suasana Mapolres Tanjungpinang hampir sama dengan kantor atau institusi resmi lain, lengang. Hanya ada beberapa polisi yang bertugas.

Tak ada yang menyangka jika Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi yang usai melaksanakan agenda paginya tak langsung pulang. Justru ia mengarahkan kendaraannya memasuki halaman Mapolres.

Masih mengenakan seragam kedinasan lengkap, anggota polisi yang hairu itu bertugas menyangka atasannya mungkin mengerjakan sesuatu yang penting di ruang kerjanya.

Ternyata anggapan itu keliru. Bukannya melangkahkan kakinya ke ruangannya yang ber-AC, mantan Kapolres Lingga ini mengarahkan pandangan matanya ke sekelilingnya. Halaman, selokan, bahkan toilet.

Pertama Ucok memungut sampah yang ada di sekitar ia berdiri. Ketika melihat puntung rokok, ia pun memungutnya. Selanjutnya ia mengambil sapu, menyapu halaman dan selokan.

Kontan saja beberapa polisi tanpa bicara membantunya. Meski sudah ada orang lain membantu, dan dengan kewenangan yang dimilikinya Ucok bisa memberikan perintah, namun ia tetap berbagi pekerjaan tadi bersama.

Tak ada perasaan jorok atau sungkan bagi Kapolres yang juga menyukai dunia pertanian ini. Bahkan Bupati Lingga, Alias Wello pernah memberikan penghargaan kepadanya atas kiprahnya memberikan semangat kepada warga Lingga untuk mencintai dunia pertanian.

Saat membersihkan toliet, menyapu ruangan demi ruangan bersama anggotanya, Ucok terlihat seperti sahabat. Tanda pangkat di pundaknya tak berarti ia harus hanya melihat. Suasana pun menjadi menyenangkan. Dan anggota polisi yang membantu atasan mereka pun terlihat senang mengerjakannya.

Karena kebersihan itu pada dasarnya dibutuhkan semua orang, Ucok berpesan kepada anggotanya untuk selalu memerhatikan kebersihan serta menjaganya.

Sederhana sebenarnya pesan orang nomor satu di Mapolres Tanjungpinang ini. Biasakan hidup bersih baik itu di rumah dan tempat kerja.

“Gunakan tempat sampah untuk membuang sampah. Kurangi merokok, atau jika belum bisa cari tempat merokok yang tidak mengganggu orang lain. Dan, jangan buang puntung rokok sembarangan,” ujar Kapolres.

Kepada anggotanya, Ucok pun mengingatkan agar senantiasa bekerka ikhlas dan penuh tanggung jawab. Walau libur, jika ada tugas harus dilaksanakan dengan hati agar tak terasa berat.

“Kantor Polisi adalah kantor pelayanan untuk masyarakat 24 jam sehari, 7 hari seminggu,” ujar Ucok.

Mengapa kebersihan begitu penting bagi Ucok? Ia percaya lingkungan kantor yang bersih serta keikhlasan anggota untuk bekerja akan berdampak positif kepada masyarakat yang dilayani.(mat)

Loading...