free page hit counter

Api Hanguskan Ponpes, Seorang Santri Nyaris Terbakar

Loading...

BATAM (suarasiber) – Pondok Pesantren Maarif Ya Husnaya, Jalan Perumahan Kendal Sari, Kelurahan Tanjungriau, Kecamatan Sekupang, Batam, hangus oleh api, Senin (30/4/2018) kira-kira pukul 02.00 WIB.

Informasi yang dilansir dari kepri.kemenag.go.id, kebakaran berawal dari gudang tempat tumpukan buku dan kasur yang berada di antara kamar-kamar santri. Diperkirakan berasal dari api lilin yang menyambar terkena tumpukan kertas.

Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Pondok Fitroni di lokasi kebakaran, Senin (30/4).

“Dikarenakan lokasi tersebut dipenuhi dengan barang-barang yang mudah terbakar, dengan cepat api menyambar ke plafon kamar-kamar sebelahnya,” terang Pimpinan Ponpes Maarif Ya Husnaya, Fitroni

Kenyamanan santri yang tengah tidur pun terganggu karena hawa panas dari kobaran api. Pengurus Pondok yang memang saat itu belum tidur membangunkan para santri dan memerintahkan untuk segera keluar meninggalkan kamar dan mengambil sesuatu yang bisa digunakan untuk memadamkan sumber api.

Saat itu, seorang santri bernama Sulaiman nyaris terbakar. Saat keluar ruangan, ia tertimpa api dari rekahan gipsum yang terbakar.

Sulaiman segera dilarikan ke RSUD Embung Fatimah untuk mendapatkan pertolongan. Setelah ditangani dokter, Sulaiman diizinkan pulang ke pondok dan hanya rawat jalan.

Akibat kebakaran subuh itu, setidaknya lima ruangan rusak, termasuk buku-buku dan kasur. “Semoga kami akan lebih berhati-hati dan lebih waspada, agar kejadian serupa tidak terulang lagi,” kata Fitroni.

Kasi Pendidikan Madrasah, HM Dirham beserta staf datang ke lokasi mengucapkan belasungkawa atas musibah ini. Selanjutnya ia akan membicarakan kondisi kebakaran kepada pimpinannya untuk tindak lanjut. (mat)

Loading...