free page hit counter

WhatsApp Putar-putar Ratusan Kali, Pak

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Menkominfo Rudiantara mendapatkan kisah yang menggelitik saat mengunjungi Anambas, Senin (26/3/2018). Kedatangan ke Anambas dan dilanjutkan Natuna ini untuk mengecek jaringan terkait proyek Palapa Ring Barat.

Di Anambas, Rudiantara disambut Bupati Anambas, Abdul Haris. Saat berjumpa dengan Menkominfo itulah Bupati tanpa malu-malu menceritakan bagaimana susahnya masyarakat Natuna mendapatkan jaringan internet.

Aplikasi instan messenger seperti WhatsApp bukan hanya digunakan warga perkotaan. Di Natuna, aplikasi ini juga populer, hampir semua pemilik ponsel keluaran sekarang menginstalnya.

“Nelepon itu susah. Apalagi WhatsApp, Pak. Nunggu putar-putar ratusan kali baru terkirim,” curhat Bupati.

Curhatan Bupati pun membuat sejumlah orang tersenyum.

Palapa Ring Barat menjadi harapan masyarakat Natuna dapat mengatasi persoalan komunikasi. Kepada Menkominfo, Bupati menjelaskan setidaknya ada 255 pulau di Kepulauan Anambas, 98 persen merupakan lautan. Kondisi tersebut membuat nelayan menjadi pilihan profesi masyarakat.

“Semoga Palapa Ring bisa membantu komunikasi anggota keluarga yang sedang melaut dengan keluarganya yang menunggu di rumah,” harapan Bupati Abdul Haris.

Mendengar kisah nyata seperti itu, Menkominfo mengatakan Palapa Ring Barat akan menyelesaikannya. Proyek ini sendiri telah rampung dikerjakan Februari kemarin.

Seperti dilansir detik.com, jangkauan Palapa Ring Barat masih terbatas. Untuk mengoptimalkannya, Menkominfo meminta Pemda mempermudah izin operator seluler yang ingin membangun infrastruktur yang mendukung kelancaran telekomunikasi.

“Internet ada, tinggal ditarik ke sini dan tempat lain, Itulah peran operator seluler. Oleh sebab itu harus dipermudah perizinannya,” pesan Menkominfo. (mat)

Loading...