Sayang, Air Gunung Hanya Terbuang ke Laut

Loading...

ANAMBAS (suarasiber) – Warga Desa Landak, Kecamatan Jemaja seharusnya tercukupi kebutuhan air bersihnya. Sayang, infrastrukturnya belum ada sehingga air bersih alami itu terbaung percuma ke laut.

Air bersih dari Gunung Pasir Panjang, Desa Landak, Jemaja, selama ini memang telah dimanfaatkan warga Desa Landak. Padahal, jika dikelola dengan baik air dari sumber ini mampu mencukupi kebutuhan warga sekecamatan Jemaja.

Ada inisiatif dari Kepala Desa Landak, Amirullah untuk mengajukan anggaran kepada Pemkab Anambas atau Pemprov Kepri. yang diperlukan adalah penampungan air untuk menghindari air bersih hanya mengalir ke laut melewati anak sungai.

Sumber mata air hanya 30 menit perjalanan dari permukiman menuju Gunung Pasir Panjang. Jika dihitung dari jaraknya, hanya dua kilometer. bersama warganya, minggu lalu Amirullah menyurvei titik air dan bergotong royong membersihkan semak.

“Kalau ada penampunga, saya yakin warga di luar Desa Landak pun bisa menikmati air bersih itu,” kata Amirullah yang sudah melihat betapa besarnya sumber air di atas punggung gunung.

Potensi lain yang bisa digarap ialah menjadikan sumbar air Gunung Pasir Panjang sebagai objek wisata. “Memang hanya satu tingkat aliran airnya jatuh dari atas, namun alirannya kuat,” jelas Amirullah. (feri)

Loading...