Prihatin, Generasi Milenial Tak Minati Pertanian

Loading...
Disampaikan dalam Rakornas Pemuda Tani HKTI

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Jenderal (purn) Moeldoko, Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), mengatakan Indonesia harus siap menjadi negara berdaulat pangan, dan petani. Harus ada inovasi baru untuk mencapai kedaulatan tersebut. Sehingga visi Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045 bisa terwujud.

Pernyataan Moeldoko ini disampaikan dalam Rakornas Pemuda Tani HKTI, Rabu (28/3/2018) di Gedung Smesco Jakarta, sebagaimana disampaikan ke redaksi suarasiber.com oleh Erwan, pengurus HKTI Kepri, kemarin.

Rakornas yang dihadiri Bupati Lingga Alias Wello, diharapkan jadi momentum kebangkitan pangan secara nasional dari pemuda dan perempuan. Tentunya, selain menciptakan inovasi baru dalam bidang pertanian juga menciptakan munculnya pengusaha petani muda. Yang mampu mengelola manajemen pertanian dengan baik.

Erwan menambahkan, dalam kesempatan itu Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Rina Saadah Adisurya, menyampaikan keprihatinannya. Dia prihatin karena generasi milenial tak tertarik dengan bidang pertanian. Ke depan, hal itu harus diubah. Peran pemerintah dan organisasi kepemudaan sangat penting untuk menumbuhkan minat pemuda ke bidang pertanian.

Kegiatan Rakornas ini, ujar Erwan, dibuka oleh Mentan RI yang diisi dengan motivasi tentang semangat pemuda dalam membangun pertanian Indonesia.(mat)

Loading...