Peserta Tour de Bintan 1.000 Lebih, Besok Kualifikasi

Loading...

BINTAN (suarasiber) – Peserta Tour de Bintan 2018, hingga Rabu (21/3/2018) tercatat mendekati angka 1.200 orang, terdiri dari 42 pebalap asing dan dalam negeri. Tahapan pertama ialah babak kualifikasi, Jumat (23/3/2018) sore, di Lagoi.

“Kualifikasi ini untuk menentukan kecepatan dan kelas bergengsi. Seluruh peserta bersaing untuk ambil bagian di kelas grand fondo, yang masuk dalam kalender internasional championship itu,” kata Luki Zaiman Prawira, Kepala Dinas Pariwisata Bintan, di sela Musrenbang Kabupaten Bintan, Rabu (21/3/2018) kemarin.

Peserta yang lolos kualifikasi akan berlomba Sabtu (24/3/2018) dan Minggu (25/3/2018). Pembukaan Tour de Bintan ini bakal dilakukan oleh MenPAN-RB H Asman Abnur, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Bupati Bintan H Apri Sujadi dan pejabat Kementerian Pariwisata RI.

“Padahal target kita kan 1.000 peserta. Kita bangga, peserta yang terdaftar melebihi target,” kata Luki Zaiman Prawira.

Pebalap asing diantaranya dari Singapura, Malaysia, Australia dan Inggris. Tour de Bintan 2018 masuk kalender UCI grand fondo world championship, masuk kalender ISSI di level nasional, dan menjadi ajang bagi ISSI Kabupaten Bintan.

Rute balapan di hari pertama, dari Lagoi menuju Trikora, ke Taman Kota Kijang, Lintas Barat dan kembali ke Lagoi.

Pada hari kedua (Minggu), peserta balap sepeda akan menempuh rute dari Lagoi, menuju Seikecil, Pantai Sebong Lagoi, Sakerah, Tanjunguban, Gunung Bintan dan kembali ke Lagoi.

“Untuk lintasan ke arah Bintan Timur, sudah kita bersihkan semuanya. Termasuk di kawasan perkebunan Tirta Madu dan semua titik di Kijang Kota,” kata Raja Muhammad, Sekretaris Dinas Perkim Bintan, kemarin. (mat)

Loading...