Mau ke Italia? Makanya Ikut Tour de Bintan

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Tour de Bintan, adalah satu-satunya tur balap sepeda di Indonesia, yang pemenangnya bisa dapat tiket ke Kejuaraan Dunia Balap Sepeda Union Cycliste Internationale (UCI) Grand Fondo.

“Untuk UCI Granfondo, di Indonesia hanya ada di Bintan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Z Prawira menjawab suarasiber.com, Senin (12/3/2018).

Tour de Bintan akan dilaksanakan 23 Maret – 25 Maret 2018, dan diikuti ribuan pebalap sepeda dari dalam, dan luar negeri. Salah satu sebab terpentingnya, adalah karena Tour de Bintan masuk kalender balap sepeda UCI ( Union Cycliste Internationale) Grand Fondo dunia.

Dan, agar bisa tampil di puncak kejuaraan dunia balap sepeda Grand Fondo di Varese, Italia (30 Agustuas – 2 September 2018), para pebalap dunia harus ikut Tour de Bintan.

“Tour de Bintan masuk kalender balap sepeda dunia UCI. Di dalamnya ada cabang Grand Fondo, yang diselengarakan UCI menjadi sirkuit rangkaian dunia,” kata jelas Luki Z Prawira.

Dijelaskannya, di setiap negara pelaksana akan diberikan kuota 25 pemenang di negaranya, untuk bisa ikut Kejuaraan Dunia UCI WorldChampinonship Granfondo. Yang pada tahun 2018 akan dilaksanakan di Italia.

Jadi, ujar Luki, pemenang dari beberapa seri dunia bisa ikut di sana. Hanya yang lulus kualifikasi atau 25 persen itu yang bisa ikut di World Championship.

“Makanya ini menjadi peluang bagi para pebalap sepeda. Agar bisa ikut di kejuaraan dunia,” jelas Luki. (mat)

Loading...