free page hit counter

Mau Daftar Taruna Akpol, Bintara dan Tamtama? Berikut Syaratnya, Komplit

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber) – Dalam waktu dekat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan menerima anggota baru untuk tamtama, bintara dan perwira melalui Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2018. Tanggal pastinya akan disampaikan kemudian setelah ada petunjuk dari Mabes Polri.

Siapa saja yang sudah cukup umur, dan memenuhi persyaratan bisa ikut mendaftar. Kepada yang berminat ikut diingatkan agar tidak terpancing dengan isu yang menyesatkan atau mendaftar melalui calo.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga. Ditambahkannya, bagi yang berminat mendaftar jadi calon anggota Polri, diingatkan agar tidak memercayai tawaran dari oknum mana saja yang mengaku bisa membantu meluluskan menjadi anggota Polri. Karena, seleksi masuk menjadi calon anggota Polri tidak dikenakan biaya apapun.

Mengenai apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar mengikuti seleksi calon anggota Polri, Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kepri Kombes Pol Djoko Susilo SIK SH, menjawab suarasiber.com, Senin (19/3/2018), mengatakan ada beberapa persyaratan. Persyaratan tersebut berdasarkan ST WO TA 2017 dengan prinsip betah dan clear and clean. Adapun persyaratan tersebut, adalah:

Persyaratan itu, adalah :

1. Warga Negara Indonesia.
2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
3. Setia Kepda NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945.
4. Berumur paling rendah 17 (tujuh belas) tahun.
5. Berijazah serendah-rendahnya SMA/MA/SMK sederajat, untuk tamtama dan bintara. Berijazah SMA untuk Akpol.
6. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
7. Sehat jasmani dan rohani.
8. Tidak pernah dipidana dengan menunjukkan SKCK.
9. Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Polri.
10. Pria dan wanita, bukan anggota/mantan anggota Polri, TNI dan PNS atau pernah mengikuti pendidikan Polri dan TNI.
11. MA jurusan IPA dan IPS, bukan lulusan paket A dan B atau SMK sesuai dengan kompetensi tugas Polri (kecuali tata busana dan tata kecantikan).
12. Berusia minimal 17 Tahun dan maksimal 21 Tahun.
13. Tinggi badan dengan berat badan seimbang menurut ketentuan. Pria 165 cm dan wanita 163 cm untuk Akpol. Untuk bintara pria 163 cm dan wanita 160 cm. Untuk tamtama pria minimal 163 cm.
14. Belum pernah menikah, tidak bertatto, dinyatakan bebas narkoba, berdomisili selama 2 tahun di wilayah Polda setempat.
15. Untuk Bintara Polri nilai UN minimal 60,00.
16. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas kepolisian. (mat)

Loading...