free page hit counter

Juramadi Esram Dilantik sebagai Sekda Lingga di Bukit Benteng

Loading...

LINGGA (suarasiber) – Bupati Lingga, Alias Wello memiliki cara tak biasa saat melantik pejabat-pejabatnya. Pelantikan Sekda, Drs Juramadi Esram pun dilakukannya di Bukit Benteng, Desa Mepar, Kamis (1/3/2018).

Drs Juramadi Esram sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang.

Dua Sekda berjabat tangan, satu Juramadi Esram yang baru dilantik sebagai Sekda Lingga (kiri) dan Drs Riono MSi, Sekda Kota Tanjungpinang. F-ist

Mengapa Awe memilih lokasi ini? Pemilihan tempat di Bukit Benteng ini dimaksudkan agar pejabat yang dilantik dapat mengambil hikmah dari perjuangan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) yang diangkat menjadi Pahlawan Nasional.

Bupati memang pernah melantik pejabat di lokasi lain, seperti Makam Merah, perkebunan dan sawah. “Hari ini kita lantik pejabat di Bukit Benteng yang merupakan simbol perjuangan Kesultanan Lingga, Johor dan Pahang,” jelas Bupati Lingga.

Tujuan lain, untuk mengingatkan bahwa Mepar adalah Kampung Melayu yang masih menjaga tradisi kemelayuannya. Dari akar sejarah, Mepar pernah menjadi benteng pertahanan Kesultanan Melayu, Johor dan Pahang.

Sayang, namanya nyaris tak terdengar. Padahal peranannya penting dalam sejarah perjuangan Kesultanan Melayu. Pemkab Lingga pun berencana menjadikan tempat ini sebagai tujuan wisata sejarah.

“Kita akan buat jargon, tidak lengkap ke Lingga bila tanpa menyinggahi Mepar,” kata Awe.

Esram dilantik bersama 96 pejabat lain dari eselon II dan III. Kepada pejabat yang dilantik, Awe akan melakukan penilaian pada 100 hari mereka bekerja.

Sementara itu Esram mengatakan, pekerjaan pertama yang akan dilakukannya adalah konsulidasi dengan seluruh kepala Organisaai Perangkat Daerah (OPD) untuk memgetahui sejauh mana program pembangunan untuk mewujudkan visi misi pemerintah daerah. (mat)

Loading...