Di Balik Suami yang Sukses Ada Istri yang Tiap Hari Dimarahi

Loading...
Dokter Niken, Istri Irjen Pol Arief Sulistyanto

JAKARTA (suarasiber) – Ujaran yang menyebut ada wanita hebat di balik setiap pria sukses, agaknya perlu diperbaiki. Tak cukup hanya hebat tapi juga harus sabar. Sabar karena nyaris setiap hari kena marah.

Kesabaran itu yang dijalani dr Niken Manohara, istri Arief Sulistyanto, jenderal dengan dua bintang di pundak. Yang setahun terakhir menggegarkan jagad perpolisian di Tanah Air dengan revolusinya di dapur Mabes Polri.

Arief yang murah senyum, dan sangat menjaga sopan santun ini, memang dikenal galak. Galak di sini bukan bersuara keras, juga bukan suka main tangan atau berkacak pinggang sambil memaki atau menunjuk-nunjuk kepala orang. Jenderal ini galak pada setiap anggota polisi yang berperilaku menyimpang.

Selain keras dalam prinsip dan sikap, Arief termasuk perfeksionis. Segala sesuatu diusahakan semaksimal mungkin bagus. Termasuk launching buku Arief Effect, hasil karya Farouk Arnaz, Sabtu (24/3/2018). Menjelang peluncuran buku, Arief sejak Jumat (23/3/2018) siang sudah berada di lantai 4 Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta.

Seluruh jiar (GR) alias geladi resik diikuti dengan seksama, seluruh persiapan dipantau secara detail. Selama proses itu ada seorang perempuan yang terus menemaninya. Juga memberikan komentar dan masukan terkait persiapan.

Mengenakan baju terusan warna biru motif merah, dan jilbab syar’i dengan bros perak di bahu kiri, dr Niken terus mendampingi hingga seluruh persiapan diyakini sempurna di malam harinya. Istri jenderal berbintang dua ini tampak sangat sederhana. Tapi sempurna. Sempurna, juga menjadi salah satu lagu favorit Jenderal Arief Sulistyanto, yang dilahirkan di Nganjuk, Jatim (24/3/1964).

Sesuai dengan harapan, sempurna! Gambaran itu yang terlihat pada acara launching buku Arief Effect karya Farouk Arnaz, Sabtu (24/3/2018). Acara yang disejalankan dengan ulang tahun Irjen Pol Arief Sulisytanto ke-54 itu berlangsung sempurna. Meski sangat sederhana untuk seorang jenderal bintang dua.

Saat peringatan HUT itulah, pembaca acara mengatakan ada wanita hebat di balik pria sukses seperti Irjen Arief. Dan, meminta dr Niken menyampaikan sepatah dua patah kata.

“Di balik pria yang sukses ada istri yang dimarahi terus,” kata dr Niken dengan nada guyon, yang langsung disambut gemuruh tepuk tangan.

Walau suaminya adalah jenderal berbintang dua di jabatan yang sesungguhnya, adalah posisi basah (Asisten SDM Kapolri), sedang ultah, dan dia sendiri juga wanita karir, dr Niken siang itu juga tetap tampil sederhana.

Dokter Niken tampak mengenakan baju terusan warna dasar merah dengan motif biru, dan jilbab syar’i warna merah, sama seperti sebelumnya. Juga mengenakan bros perak di bahu kiri tapi beda motif dengan yang sebelumnya.

Hanya sebentar saja bicara di depan mic, tapi sudah cukup memberikan penegasan. Bahwa memang benar ada istri yang sabar (nyaris dimarahi setiap hari) di balik kesuksesan Irjen Pol Arief Sulistyanto, selain dua anak jagoan yang luar biasa, team work yang hebat, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang bertekad kuat membuat kepolisian yang profesional.

Selamat ulang tahun jenderal, semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat, dan dalam lindungan-Nya selalu. Dan, salut untuk dr Niken yang tak pernah lelah “dimarahi”. (mat)

Loading...