Di Bintan Juga Ada Panen Raya Padi, Lho

Loading...

TOAPAYA (suarasiber.com) – Jika belakangan berita pertanian didominasi Lingga yang ingin menjadikan diri sebagai kabupaten agrominapolitan, Kabupaten Bintan pun tak mau ketinggalan.

Salah satunya dibuktikan dengan dilaksanakannya panen raya padi di Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya, selasa (6/2/2018) pagi. Kelompok Tani Karya Mandiri berhasil menanam padi dan memanennya.

Panen kali ini merupakan yang kedua kali. Panen sebelumnya dilakukan beberapa waktu lalu. “Ini panen kedua. Total panen berkisar 50 ton gabah, dengan luas lahan 17 hektare. Rencananya akan ada pengembangan sekitar 20 hektare lagi ke depan,” kata Bupati Bintan, Apri Sujadi SSos yang ikut memanen padi bersamja petani.

Jenis padi yang dipanen merupakan unggulan, yakni Sentani – 14. Sistem kerja pengolahan sawah, kelompok tani bekerja sama dengan PT Bintan Prima Agro.

“Petani yang mengerjakan sawah mendapatkan upah, sementara hasil panen dipasarkan oleh PT Bintan Prima Agro,” jelas Kadis Pertanian Pemkab Bintan, Supriyono.

Kegembiraan terpancar dari wajah para petani. Salah satunya Muhammad Yunan. Ia dan teman-temannya sesama petani berbahagia bisa panen raya.

“Upah kami Rp120 ribu perhari. Tentu saja kami sangat gembira dengan hasil panen kali ini,” katanya berbunga.

Ditambahkan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kepri Dr Ir Mizu Istianto MS, Kabupaten Bintan berhasil dalam pengembangan varietas Setani-14 dan Inpari 5. Ke depan akan ditanam varietas lain.

“Bintan berhasil. Sentani – 14 saja dengan lahan dua hektare mampu menghasilkan gabah 5 sampai 6 ton,” ujarnya. (mat)

Loading...