free page hit counter

Surat Tanah Tak Kunjung Kelar, Bupati Datangi BPN

Loading...

LINGGA (suarasiber.com) – Keluhan seorang warga yang menginginkan pelayanan BPN lebih maksimal ditindaklanjuti Bupati Lingga, Alias Wello. Ia pun mendatangi kantor tanah tersebut, Senin (22/1/2018).

Bupati disambut oleh Kasubsi Penetapan Hak dan Pemberdayaan Tanah Masyarakat, Surya Wahyu Wardhani yang merupakan pejabat tertinggi di kantor BPN saat itu. Kebetulan Kepala BPN Lingga sedang dinas keluar daerah.

Kepada Surya, Bupati menyampaikan keluhan warganya terkait pengurusan sertifikat tanah yang tak kunjung selesai sejak tahun 2012 hingga sekarang. Karena secara topuksi kedinasan Alias Wello akui ini tugas dan kewenangan pertahanan dalam mengeluarkan surat-surat tanah.

Langkah yang segera diambil Bupati ialah mengadakan rapat koordinasi dengan BPN tentang pelayanan dokumen pertahanan bagi masyarakat.

“Mohon segala bentuk pengurusan tanah yang menyangkut hak warga maupun instansi dapat dilayani dengan maksimal. Pihak BPN diharap tidak menggantungkan waktu kepada warga, untuk menunggu kapan surat menyurat hak atas tanah dapat diterbitkan,” pesan Bupati.

Awe, panggilan akrab Alias Wello menceritakan, seorang warga yang mengeluh kepadanya mengatakan surat tanahnya dari 2012 belum juga rampung. Kepada Surya, Awe berpesan kalau nanti warga tersebut datang lagi untuk diselesaikan sertifikat tanahnya. “Kalau bayar berapa warga saya mengatakan siap mmembayar,” tuturnya.

Kasus yang dibawa Bupati ini yakni penyelesaian sertifikat tanah warga seluas 2000 meter persegi yang tidak ada kejelasan hingga sekarang. Menurutnya, masalah tersebut sudah terlalu lama hingga pergantian pejabat di tubuh BPN sendiri.

“Kita memang butuh koordinasi. Menjadi koreksi kita semua,” harapan Bupati.

Surya membenarkan masalah itu. Dia mengakui kalau pengurusan tanah yang menyangkut warga tersebut terkendala. Kendala awal karena masuknya masa mutasi pejabat di BPN sendiri, sehingga harus diurus ulang. Dan terakhir kendala yakni tidak dilengkapi tanda tangan Kepala Desa terkait.

Terakhir, di hadapan Bupati Lingga, Surya menyampaikan permohonan maaf karena Kepala BPN serta beberapa pejabat tidak berada di kantor karena tugas kerja luar daerah. (mat)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.