free page hit counter

Rp228 Miliar, Target PAD Bintan 2018

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bintan untuk menyokong APBD Bintan, dinaikkan di tahun 2018 ini. Target yang harus tercapai dari PAD sebesar Rp 228 miliar atau meningkat Rp 30 miliar dibandingkan target pada tahun 2017 lalu, sebesar Rp 198 miliar.

Target yang besar ini tentunya mendorong dinas terkait seperti Badan Pengelolaan, Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah (BP3RD) Bintan untuk lebih kreatif menghasilkan formula-formula baru dalam menggali potensi pajak maupun retribusi daerah untuk mengejar target PAD Bintan yang cukup besar itu.

Kepala BP3RD Bintan Yuzet menjelaskan, pihaknya akan menggandeng Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk penggalian potensi pajak yang dimiliki daerah Bintan, salah satunya pajak yang bersumber dari perhotelan dan restoran. Sebagai daerah pariwisata, dua sektor tersebut memiliki potensi yang sangat besar dalam mendatangkan uang guna memenuhi target PAD Bintan.

Dengan bekerjasama dengan BPK, pihaknya kata Yuzet akan memaksimalkan wajib pajak (WP) di Bintan yang bergerak dibidang perhotelan dan restoran.

“Kita akan bekerjasama dengan BPK, agar pajak seperti pajak restoran 10 persen itu bisa lebih maksimal terserap. Misalnya, biasanya mereka bayar pajak hanya Rp 800 ribu perbulan, bisa saja nanti bayar pajaknya Rp 2 juta. Makanya kita bekerjasama dengan BPK untuk menghitung penghasilan riil mereka agar pajak yang dibayarkan sesuai dengan pendapatan perbulannya,” terang Yuzet di Kijang, Jumat (5/1) kemarin.

Ia mengatakan, realisasi pencapaian target PAD pada tahun 2017 kemarin, sudah terserap secara maksimal. Angka 100 persen pun berhasil tercapai. “Makanya kita menyiapkan penggalian potensi namanya, untuk mencapai target PAD kita tahun ini,” jelasnya.

Namun dari sektor lain, Yuzet menuturkan, seperti halnya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Di Bintan sambungnya, masih ada WP yang ‘ingkar’ membayar pajak. Contohnya, WP memiliki tanah di Bintan namun tinggalnya diluar daerah Kabupaten Bintan. “Ada tapi tidak banyaklah,” kata Yuzet.

Meski demikian, Ia optimis pencapaian target PAD tahun ini akan tercapai dengan melihat iklim perekonomian Bintan yang cenderung stabil. Apalagi, sektor pariwisata di Bintan, investasi pariwisata di Bintan selama ini tergolong stabil. (mat)

Loading...