free page hit counter

Pemkab Siapkan 10 Lulusan SMA Kuliah Gratis ke Batam

Loading...

ANAMBAS (suarasiber.com) – Usai kunjungan pejabat Pemkab Anambas ke Batam Tourism Polytechnic (BTP) beberapa waktu lalu, giliran sejumlah wakil rakyat datang untuk melihat prospek kerja sama. Termasuk wacana mengirimkan 10 tamatan SMA berprestasi kuliah gratis di kampus ini.

Salah satu dari tim DPRD yang ikut kunjungan kerja ke BTP atau Politeknik Pariwisata Batam pada Jumat (4/1) adalah anggota DPRD dari Partai Bulan Bintang (PBB), Firman Edi. Kepada susrasiber.com, Edi mengatakan kedatangan rombongannya untuk membicarakan kurikulum dan sistem kerja sama. Tim ini diterima oleh Direktur BTP, Muhammad Nur A Nasution.

Mengutip pemaparan dari Nasution, BTP berhasil mencetak Sarjana DIV bidang hospitality manager, executive chef serta pengusaha. “Kami akan melakukan pembicaraan dengan pejabat Pemkab untuk menindaklanjutinya,” ungkap Edi.

BTP sendiri memiliki tiga jurusan, yakni Room Division Management untuk mereka yang ingin menjadi pengusaha dan manager perhotelan dan usaha; Food and Beverage Management ditujukan untuk yang hobi mengurus kuliner di hotel berkelas, apartemen atau kapal pesiar; dan Culinary Management diproyeksikan untuk menghasilkan lulusan kepala koki atau juru masak profesional.

Untuk itu, kerja sama juga penting mengingat Anambas memiliki potensi wisata unggulan. Untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata yang menarik, perlu didukung tenaga teknis andal dalam mengelola kewirausahaan.

Salah satu usulan yang akan dibawa ke hadapan pejabat Pemkab adalah menyiapkan 10 tamatan SMA asal Anambas untuk kuliah gratis di PTB dengan dana dari APBD. “Kami mendengar pejabat Pemkab juga memiliki rencana yang sama. Secara teknis mereka yang tahu, tentu saja jangan melanggar peraturan yang ada,” ujar Edi.

Rencana 10 siswa yang akan dikuliahkan ke BTP bisa dari golongan yang berprestasi atau tidak mampu. Jika ini terealisasi maka bisa memberikan motivasi kepada generasi muda lain bahwa pekerjaan itu bukan hanya menjadi Aparatur Sipil Negara atau ASN. Di perusahaan swasta pun bisa menjadikan seseorang manusia yang profesional di bidangnya.

Selama berkunjung, rombongan DPRD Anambas diajak melihat fasilitas kampus serta kegiatan belajar mengajar. Menurut penilaiannya, sistam pendidikan yang diterapkan BTP cukup bagus sehingga wajar kampus ini bisa menjadi pilihan.

“Bagi yang lulus SMA, kami sarankan kuliah di BTP. Selain mendapatkan materi kuliah, juga praktik secara langsung. Lulusan BTP kabarnya bisa langsung bekerja karena kualitasnya cukup bagus,” Edi mengakhiri perbincangan. (feri)

Loading...