free page hit counter

Panen Padi Gogo di Dabo Singkep Sukses

Loading...

DABO SINGKEP (suarasiber.com) – Lahan kering di Desa Batu Kacang, Kecamatan Singkep, Lingga berhasil diubah menjadi lahan padi gogo. Siapa sangka panen perdananya, Jumat (26/1/2018) sukses.

Padi gogo yang dikembangkan di lahan ini merupakan pengembangan yang dilakukan mahasiswa program Diploma Satu (D1) Institut Pertanian Bogor (IPB) Sub Kampus Lingga, Kepulauan Riau.

Dari hasil browsing suarasiber.com, dijelaskan bahwa padi gogo adalah tanaman pertanian yang diusahankan di lahan kering pada di daerah yang bercurah hujan rendah atau pada bagian teratas dari suatu daerah berlereng yang tidak atau kurang mampu menampung air relatif lama. Dalam siklus hidupnya, padi gogo yang dikembangkan petani saat ini berumur sekitar empat bulan. Artinya semenjak benih padi gogo ini disemai, kemudian dipanen, masa hidupnya selama empat bulan

Bupati Lingga, Alias Wello tak dapat menyembunyikan kebahagiannya saat ikut panen perdana padi gogo. “Ini menandakan kesuksesan Lingga sebagai lumbung pangan di wilayah perbatasan sudah semakin dekat,” ungkapnya.

Keyakinan Awe, sapaan akrab Bupati Lingga itu, bukannya tanpa dasar. Ini dibuktikan dengan kesuksesan mahasiswa D1 IPB Sub Kampus Lingga tersebut melakukan panen perdana padi gogo tiga varietas sekaligus, yakni IPB 3S, IPB 8G dan IPB 9G.

“Meski tanpa pengairan, anak – anak kita bisa membuktikan kemampuannya memanfaatkan lahan kering untuk menanam padi dan hasilnya luar biasa. Saya berharap, sukses hari ini bisa menjadi spirit baru bagi kita dalam memanfaatkan lahan kering untuk menghasilkan padi,” harapan Awe. (mat)

Loading...