Jadwal Roro Diubah, Warga Rugi Jutaan Rupiah

Loading...

LINGGA (suarasiber.com) – Warga Kabupaten Lingga mempertanyakan perubahan jadwal kapal Roro oleh ASDP tujuan Pelabuhan Jagoh ke Kualatungkal. Kerugian materi pun dialami sejumlah warga.

Seorang warga, Eko, kepada suarasiber.com menjelaskan, biasanya Roro berangkat pukul 18.00 WIB. “Saya sampai ke Pelabuhan Jagoh pukul 15.00 WIB, ternyata kapal sudah berangkat,” katanya, tak sanggup menehana kecewa, Minggu (7/1).

Sebagao pemasok barang kebutuhan warga yang dipasok dari Jambi, Eko memiliki jadwal dengan sejumlah distributor barang sehingga tidak bisa seenak hatinya kapan akan mengambil barang. Pihak distributor ada yang harus menyiapkan apa saja barang yang akan dibawa Eko.

“Barang kebutuhan yang akan saya bawa ke Dabo adalah sayuran dan buah-buahan. Akibat perubahan jadwal keberangkatan ini, sayuran dan buahan-buahan menjadi busuk dan tidal dapat dijual,” sebutnya. Eko mengalami kerugian jutaan rupiah.

Warga lain yang tak ingin namanya disebut juga mengungkapkan kekesalannya. Kapal Roro bagi sebagian warga Lingga merupakan moda transportasi yang masih diandalkan. Banyak usaha milik warga yang tergantung dari keberangkatan kapal ini. Ia tidak mempermasalahkan perubahan jadwal keberangkatan asalkan diberitahukan terlebih dahulu.

“Kalau lebih lambat mungkin masih bisa dimaklumi. Kalau jadwalnya dipercepat, kasihan warga yang tertinggal,” ungkapnya.

Menanggapi kekecewaan warga, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Yusrizal, mengatakan, pihaknya telah menyurati ASDP Batam, sebagai pengelola kapal Roro.

“Informasi sementara ada perubahan kapal Roro yang melayani rute Jagoh-Kuala Tungkal. Atas perubahan kapal ini, sementara hanya ada satu kapal untuk rute Jagoh-Kualatungkal, Jagoh-Batam dan Jagoh-Tanjungpinang,” sebut Yusrizal.

Pengelolaan kapal Roro sepenuhnya wewenang ASDP, Dishub Lingga sekadar membantu kelancaran kapal saat berada di pelabuhan. Namun demikian, atas nama instansi yang dipimpinnya, Yusrizal meminta maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan tersebut.

Informasi yang diperoleh, sebelum perubahan jadwal, rute Jagoh-Kualatungkal dilayani KM Muria, sedangkan Jagoh-Batam dan Jagoh-Tanjungpinang dilayani KM Sembilang. Saat ini KM Muria ditetapkan untuk melayani rute Batam-Tanjunguban. Untuk rute Jagoh-Kualatungkal diganti dengan KM Sembilang yang melayani rute Jagoh-Batam dan Jagoh-Tanjungpinang. (mat)

Loading...