Ingat, 15 Januari Jangan Lupa ke Kota Lama

Loading...

TANJUNGPINANG (suarasiber.com) – Bagi penyuka kuliner malam hari, ada kabar baik. Pemko Tanjungpinang akan melaunching Tandjongpinang Night Market di wilayah kota lama. Yuk jajan sepuasnya.

Mengingat sejarah, sebenarnya pasar malam tak asing bagi masyarakat Tanjungpinang. Bahkan pada tahun 1898 sudah digagas hal tersebut. Saat dilaksanakan, pasar malam menjadi keramaian yang ditunggu. Tandjongpinang Night Market adalah upaya mengulangnya, dengan jajanan yang tentu saja berubah menyesuaikan zaman.

Disampaikan Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, karena pasar malam dilakukan di jalan raya maka tidak mungkin menggunakan bangunan permanen. Jalan keluarnya ialah menggunakan mobil toko. Mobil dikonsep layaknya toko. Jadi saat jam pasar malam selesai, toko berjalan ini bisa dipindahkan dengan cepat.

“Insya Allah diresmikan 15 Januari pukul 20.00 WIB. Berbarengan dengan pembukaan bazar Imlek,” terang Lis kepada suarasiber.com, kemarin.

Ditambahkan oleh Sekdako Tanjungpinang, Drs Riono MSi, kota lama pernah mencapai kejayaannya sebelum pembangunan Tanjungpinang meluas seperti sekarang. Kota lama semakin tenggelam dan nyaris mati pada malam hari karena banyak tempat lain yang menyainginya.

“Tandjongpinang Night Market memang kami rencanakan dengan matang. Agar menggairahkan kembali suasana kota lama,” sebutnya.

Pasar malam ini diharapkan bisa memberikan pilihan bagi masyarakat yang ingin berbelanja malam hari. Juga bisa dimanfaatkan turis yang datang ke Tanjungpinang. Apalagi tempat wisata zaman sekarang tak hanya pantai dan keindahan alam. Keramaian seperti pasar malam juga bisa menjadi tujuan wisata seseorang datang ke sebuah kota.

Nama kota lama bagi warga yang usianya tak lagi muda pasti memiliki kenangan. Bernostalgia malam hari bersama anggota keluarga di kawasan ini tentu hal yang menyenangkan. Mobil toko yang melayani pengunjung juga terdiri dari makanan siap saji, pakaian, aksesoris dan barang lain yang cocok dijual di pasar malam.

Saat ini tengah dilakukan persiapan, mulai mendaftar siapa saja yang bakal berjualan, konsep pembukaanya agar meriah dan produk apa saja yang nanti bakal meramaikan Tandjongpinang NIght Market.

Membangkitkan kembali pasar malam di kota lama, Pemko Tanjungpinang menggandeng BUMD dan BUMN. Harapan semua pihak, pasar malam bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat. Pelaku usaha kecil juga bisa merasakan kehadiran pasar malam dan berjualan di sana. (mat)

Loading...