free page hit counter

Hoax! Ancaman Ucapan Selamat.gif di WhatsApp

Loading...

Beredar broadcast untuk tidak mengirimkan ucapan menggunakan gambar.gif dengan uraian yang cukup menyeramkan.

Sebenarnya, tujuan broadcast untuk tidak mengirimkan ucapan .gif ini cukup baik. Namun cara dan informasi yang digunakan sebagai dasar untuk meyakinkan penerima broadcast banyak sekali yang tidak mengandung
kebenaran.

Jadi, dapat dikatakan broadcast ancaman .gif ini bertujuan baik tetapi disebarkan dengan cara yang tidak baik. Broadcast ini juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, silakan ikuti uraian di bawah ini.

Ucapan selamat dalam bentuk multimedia atau .gif secara teknis tidak mungkin bisa mengeksekusi malware atau pencurian data. Walaupun memerlukan kemampuan teknis yang sangat tinggi, secara teknis gambar .gif, .jpg atau video bisa saja digunakan untuk mengeksploitasi program lain yang melakukan pencurian data. Namun hal ini belum pernah terjadi dalam ucapan .gif yang dikirimkan melalui WA sampai saat artikel ini dibuat sehingga broadcast ancaman .gif ucapan selamat dapat dikategorikan hoax.

Ucapan selamat pagi dan ucapan sejenisnya yang rutin dikirimkan mungkin dirasakan bermanfaat bagi sebagian orang. Namun Anda perlu memperhatikan juga bahwa tidak semua orang memiliki akses bandwidth seperti Anda dan banyak teman group yang terkadang mengalami keterbatasan bandwidth namun tetap ingin bergabung dengan group. Jangan menyusahkan teman dengan mengirimkan ucapan multimedia setiap hari yang pada prinsipnya akan menghabiskan bandwidth anggota grup.

Untuk ucapan dukacita atau ulang tahun, ada baiknya langsung dikirimkan kepada yang bersangkutan dan hindari mengirimkan ucapan selamat dan belasungkawa ke dalam grup. Tunjukkan simpati Anda dengan lebih unik dan berkualitas. Kalau memang Anda peduli, mengapa tidak menghubungi secara personal melalui telepon untuk menunjukkan Anda peduli.

Jika tidak memiliki waktu atau tertarik menggunakan situs layanan ucapan, hindari situs layanan ucapan yang menumpang dan menampilkan iklan atau konten lain dalam ucapan selamat, sekalipun tidak berbahaya. Pasalnya, kontrol konten tidak berada di tangan Anda dan bisa diubah sewaktu-waktu.

Jika memungkinkan, buat ucapan sendiri dan hindari menggunakan situs pihak ketiga. Ucapan dalam bentuk teks dan kalimat yang menyentuh lebih baik daripada ucapan kopas atau menggunakan situs ucapan yang berpotensi bahaya. (detik.com)

Loading...