Sepatu Boots Wanita Ini Hits Lagi, Kenali yang Asli

Loading...
sepatu boots wanita 1

SUARASIBER – Sepatu boots wanita kembali benyak dipakai wanita Indonesia. Semua kalangan pun percaya diri mengenakannya. Tentu saja dipadupadankan dengan busana yang mereka kenakan serta waktunya.

Mungkin saja hal ini terpengaruh oleh iklim boots di luar negeri. Lihat saja, beberapa selebriti ternama mengenakan sepatu jenis ini. Sebut saja aktris Amerika Jennifer Connolly dan desainer Inggris Alexa Chung. Yang lain, masih banyak.

Menurut Direktur Fesyen di pameran dagang Gallery Shoes di Dusseldorf, Alexander Rademacher, sepatu boots bisa dipadukan dengan celana. Juga rok lebar atau gaun.

“Bentuk alas kaki ini kerap dipadukan dengan celana atau rok lebar, gaun terusan yang melebar bagian bawahnya (swinging frocks),” ujarnya, dikutip dari dpa, awal Januari lalu.

Di Indonesia, hitnya lagi alas kaki ini disambut dengan produk sepatu boots wanita kulit asli. Siapa lagi kalau bukan d.a.t, kampiunnya sepatu wanita. Produsen sepatu batik dan kulit wanita ini pun meluncurkan boots yang langsung diserbu.

Tetapi d.a.t memang elegan, mereka tetap membuat sepatu boots wanita dengan jumlah terbatas.

“Kami menggunakan kain tenun Nusa Tenggara Timur yang sudah terkenal. Juga kulit sapi dan goni atau burlap,” jelas Adhianti Riena yang menjual produk d.a.t.

Sumbangan K-Pop

sepatu boots wanita korea

Di Asia, Korea termasuk salah satu yang turut meramaikan jagat alas kaki ini. Siapa sangka K-Pop yang dulu hanya dianggap gaya musik sesaat ternyata meledak. Kini artis Korea tak bisa dipandang sebelah mata. Dan, banyak diantara aktrisnya yang suka mengoleksi sepatu boots.

Di internet pun banyak sekali yang menawarkan sepatu boots wanita korea dengan beragam harga. Ada yang murah, berbahan kulit sintetis dan ada yang harganya wah.

Bicara tentang sepatu boots d.a.t, Adhianti mengaku perusahaan ini tetap komitmen pada awal didirikannya. Yakni memperkenalkan batik, tenun asli Indonesia.

Dari ribuan jenis sepatu wanita yang diproduksi, semuanya pasti menyisipkan corak batik atau tenun yang dipadukan kulit asli.

Mengapa setiap kali meluncurkan sepatu wanita selalu menjadi incaran konsumen, baik dalam maupun luar negeri? Perempuan berambut pendek ini menurutkan alasannya.

Ada sepatu boots wanita Cibaduyut, ada merk sepatu boots wanita terkenal, menurutnya semuanya punya penggemar. Hanya, sepatu boots wanita yang dijualnya merupakan handmade. Dibuat oleh karyawan dengan tangan. Itulah salah satu alasan produk sepatu d.a.t selalu dalam jumlah terbatas.

“Boomingnya sepatu boots wanita Korea sedikit banyak juga berpengaruhlah ke penjualan saya,” tuturnya kepada suarasiber, kemarin malam.

Sepatu Boots dari Waktu ke Waktu

sepatu boots wanita kulit asli

Sepatu jenis ini memiliki sejarah yang panjang. Pada zaman dulu, konsep boott berasal dari busana ala legging, sol atau sandal dan penutup mata kaki hingga betis. Biasanya dipakai secara terpisah. Zaman pertengahan sampai Romawi, boots sudah mewakili simbol status atau pangkat kemiliteran.

Mereka yang mengenakan sepatu boots berbahan kulit dipastikan berstatus sosial tinggi. Karena zaman itu harga kulit mahal. Tak heran jika ada raja atau senator yang memakai boots berbahan kulit, dihiasi sulaman, permata atau soal dari emas. Wuih.

Lalu pada zaman koboi, alas kaki ini dipakai untuk medan berat. Kini, boots sudah menjadi bagian dari gaya hidup, termasuk kaum perempuan. Ia seakan kembali lagi ke fungsi dan modelnya.

Model dan jenis boots yang ada sekarang banyak diilhami budaya 1990-an. Umumnya digemari kaum muda. Film The Wild One yang dibintangi Marlon Brando juga membawa dampak. Atau Rebel Without a Cause yang dibintangi James Dean.

Dalam film tersebut alas kaki ini dimodifikasi. Tak hanya sol datar, tapi juga dilengkapi high heel, atau model ujung jari yang lancip. Model ini mengingatkan kita pada grup band legendaris The Beatles, “Beatle Boots”.

Lalu merk sepatu boots wanita terkenal pun lahir. Jenisnya ada Go Go boots yang biasa dipadukan dengan rok mini. Tahun 1990-an sepatu Dr Martens menjadi populer.

Sempat turun penjualannya pada 2003, Doc Martens melakukan pembaruan dengan membawa nama besar dunia musik. Mulai tahun 2012, penjualan boot yang ikonik pun masuk ke babak baru. Miley Cyrus dan Rihanna pun menjadi penggemar sepatu boots wanita.

Memilih Sepatu Boots Wanita

Seperti biasa, sarjana Administrasi Negara UNS Surakarta ini pun membeberkan tips dan kiat memilih produk d.a.t. Kali ini Adhianti memberikan panduan cara memilih sepatu boots wanita:

  • Cermati Ukurannya: Selalu usahakan untuk mengukur kembali panjang sepatu, jangan meyakini sepatu yang dulu sama dengan sekarang. Berat badan akan mempengaruhi ukuran kaki. Lebih bagus jika mengukur kedua kaki, kanan dan kiri. Ini karena ukuran keduanya tak selalu sama. Gunakan ukuran kaki yang terbesar, jangan yang terkecil.
  • Lakukan Hal Ini: Bagian luar sepatu serta alas kaki menjadi hal penting untuk kenyamanan. Pertama tekuk bagian depan sepatu, kedua tekuk boots sedikit tak perlu sampai setengah sepatu. Ketiga pastikan apakah ada penyangga di bagian lengkungan kaki dan keempat bila memilih boots berhak, pilih yang tebal demi keseimbangan.
  • Amati Sol Sepatu: Dari sejumlah artikel dituliskan, boots sering kali dipakai untuk berpetualang. Nah pilihlah sol yang keras dan lentur, agar dapat bertahan lama dan memberikan rasa nyaman yang lebih untuk Anda.
  • Temukan Insole yang Nyaman: Insole adalah bagian dalam sepatu yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki. Insole bagus dapat menyangga menyangga setiap bagian dari kaki. Namun ia tetap fleksibel mengkuti gerakan kaki. Cobalah mengenakan sepatu dengan berjalan beberapa langkah lalu rasakan.
  • Hari Tak Selalu Panas: Harus diingat, Indonesia memiliki dua musim, hujan dan kemarau. Usahakan untuk membeli sepatu boots wanita yang tahan air juga. Jahitan sepatu juga harus rapat untuk melindungi dari kaki supaya tidak basah dan lembab.

“Terakhir, lihat material atau bahan yang dipakai. Seperti semua sepatu d.a.t, menggunakan batik dan tenun pilihan serta kulit yang dikerjakan ahlinya,” tutur Adhianti.

Ia pun bersiap-siap mengupdate Instagramnya adhiantirina dengan foto-foto sepatu boots wanita. (man)

Loading...